AS Jatuhkan Sanksi ke Perusahaan China karena Bantu Tentara Bayaran Rusia Wagner

VIVA Militer: Pasukan tentara bayaran PMC Wagner Group
Sumber :
  • foxnews.com

VIVA Dunia – Amerika Serikat (AS) telah menjatuhkan sanksi kepada perusahaan China, karena diduga menyediakan citra satelit Ukraina untuk mendukung operasi tempur tentara bayaran Grup Wagner untuk Rusia. Changsha Tianyi Space Science and Technology Research Institute adalah perusahaan, yang termasuk di antara 16 entitas yang dikenai pembatasan oleh Departemen Keuangan AS.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Melansir dari BBC Internasional, Jumat, 27 Januari 2023, perusahaan itu juga dikenal sebagai Spacety China, dan memiliki kantor di Beijing dan Luksemburg. Sebagai informasi, grup tentara bayaran Wagner telah memasok ribuan tentara dalam perang di Ukraina.

"Spacety China telah menyediakan Terra Tech, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Rusia, dengan gambar satelit radar aperture sintetis (SAR) dari lokasi di Ukraina," kata Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataan pada Kamis, 26 Januari 2023.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Spacety China.

Photo :
  • BBC.

"Gambar-gambar ini dikumpulkan untuk memungkinkan operasi tempur Wagner di Ukraina," katanya.  

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Departemen tersebut juga telah memberikan sanksi kepada anak perusahaan Spacety yang berbasis di Luksemburg. Di bawah sanksi, tidak boleh ada transfer, pembayaran, atau ekspor properti atau kepentingan apa pun di Amerika Serikat ke entitas yang ditargetkan.

Mengenai hal tersebut, Spacety China belum menanggapi langkah yang dilakukan pemerintah AS. China, sekutu dekat Rusia, telah berusaha memposisikan dirinya sebagai pihak netral terkait perang Ukraina.Tindakan itu juga telah dikritik oleh AS dan sekutunya karena menolak mengutuk invasi Rusia ke Ukraina.

Di situs webnya, Spacety China menggambarkan dirinya sebagai pelopor dalam menyediakan teknologi SAR komersial, dan mengatakan ingin membuat citra SAR dari setiap titik di bumi dapat diakses dan terjangkau bagi pengguna di seluruh dunia. SAR sendiri merupakan jenis teknologi radar yang dapat mengirimkan gambar beresolusi lebih tinggi dengan menggunakan antena yang lebih pendek.

Situs ini juga mencantumkan sejumlah mitra kerja termasuk perusahaan milik negara China Aerospace Science and Industry Corporation, dan China Electronics Technology Group Corporation, serta University of Chinese Academy of Sciences. Selain Spacety China, 15 entitas lain, delapan individu dan empat pesawat yang kebanyakan berbasis di Rusia merupakan bagian dari jaringan yang memberikan dukungan global bagi Wagner dan telah menerima sanksi AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya