Rusia Diduga Provokasi Aksi Bakar Al Quran, PM Kristersson: Ada yang Halangi Swedia Masuk NATO

Fakta-fakta Pembakaran Al-quran di Swedia
Sumber :
  • stockholmcf.org

VIVA Dunia – Menteri luar negeri Finlandia menduga Rusia mungkin terlibat dalam protes pembakaran Al Quran minggu lalu yang mengancam akan menggagalkan aksesi Swedia ke NATO

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Rasmus Paludan, seorang aktivis sayap kanan dengan kewarganegaraan ganda Denmark dan Swedia, membakar kitab suci umat Islam tersebut di depan kantor Kedubes Turki di Stockholm, membuat Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengesampingkan dukungannya untuk Swedia bisa masuk ke North Atlantic Treaty Organization atau NATO.

Potensi hubungan Paludan dengan Rusia telah “diselidiki dan hubungan tertentu di sekitarnya telah ditemukan,” kata Pekka Haavisto dari Finlandia sebatas isyarat, dalam sebuah wawancara di YLE TV1, melansir Al Arabiya. 

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Aksi unjuk rasa protes soal pembakaran Alquran di Swedia.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Episode tersebut mengatakan “(Ini) menimbulkan pertanyaan apakah ada pihak ketiga yang berusaha mengaduk-aduk, misalnya Rusia, atau pihak lain yang menentang keanggotaan NATO dan ingin memprovokasi untuk mencapainya. Ini tidak bisa dimaafkan,” kata Haavisto.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Pemerintah Swedia belum berkomentar secara terbuka tentang hubungan apa pun antara Paludan dan Rusia, tetapi Perdana Menteri Ulf Kristersson minggu ini menyoroti kekuatan yang mungkin ingin menjaga negaranya keluar dari aliansi militer. 

“Ada kekuatan, baik di dalam maupun di luar Swedia yang ingin menghalangi keanggotaan Swedia di NATO,” kata Kristersson. “Dengan latar belakang itu kita perlu melihat para provokator yang ingin memperburuk hubungan Swedia dengan negara lain.”

Turki dan Hungaria adalah satu-satunya dari 30 anggota NATO yang belum meratifikasi aplikasi Finlandia dan Swedia.

Komentar Erdogan meragukan prospek Swedia untuk bergabung dengan aliansi tersebut. Dengan pemilihan yang diperkirakan akan diadakan pada pertengahan Mei, Erdogan bertujuan untuk meningkatkan dukungannya di kalangan konservatif agama Turki.

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • alarabiya.net

“Pandangan umum adalah bahwa Turki mengambil waktu jeda untuk aksesi Swedia ke NATO dan mungkin untuk kembali ke topik setelah pemilihan Mei,” kata Haavisto, menambahkan bahwa tidak ada negara Nordik yang masuk secara permanen yang diblokir.

"Tidak mungkin Finlandia akan bergabung dengan aliansi pertahanan sebelum Swedia," katanya, setelah melontarkan kemungkinan seperti itu di awal minggu.

Sementara pembicaraan formal antara ketiga negara telah dihentikan, Finlandia tetap berhubungan dengan Turki, kata Haavisto, menambahkan dia berbicara dengan rekannya Mevlut Cavusoglu “setiap kali sesuatu terjadi di panggung internasional.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya