Dikelilingi Militer China, Taiwan Aktivasi Sistem Rudal dan Jet Tempur

VIVA Militer: Kapal perang militer China di Selat Taiwan
Sumber :
  • taiwannews.com.tw

VIVA Dunia – Taiwan kerahkan jet tempur, dan menyiagakan angkatan lautnya, serta mengaktifkan sistem rudal sebagai tanggapan atas operasi 34 pesawat militer dan sembilan kapal perang China di dekatnya.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Tindakan China tersebut merupakan bagian dari strategi Beijing untuk meresahkan dan mengintimidasi kepulauan yang berpemerintahan sendiri itu.

Penyebaran militer China dalam skala besar terjadi saat Beijing meningkatkan persiapan untuk potensi blokade atau serangan langsung terhadap Taiwan, yang telah menimbulkan kekhawatiran besar di antara para pemimpin militer di Amerika Serikat (AS, yang merupakan sekutu utama Taiwan.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

VIVA Militer: Jet tempur Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China

Photo :
  • insider.com

Melansir dari AP, Rabu, 1 Februari 2023, dalam sebuah memo bulan lalu, Jenderal Angkatan Udara AS Mike Minihan menginstruksikan para perwira untuk bersiap menghadapi konflik AS-Tiongkok atas Taiwan pada tahun 2025. Sebagai kepala Komando Mobilitas Udara, Minihan memiliki pemahaman yang tajam tentang militer Tiongkok, dan meminta AS untuk menyiapkan persiapan yang lebih ditingkatkan.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan 20 pesawat China pada hari Selasa, 31 Januari 2023, melintasi garis tengah di Selat Taiwan yang telah lama menjadi zona penyangga tidak resmi antara kedua pihak.

Sebelumnya, China juga mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri yang akan direbut secara paksa, tetapi sebagian besar orang Taiwan justru menentang klaim tersebut. "Angkatan bersenjata Taiwan memantau situasi untuk menanggapi kegiatan ini," kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

China telah mengirim kapal perang, pengebom, jet tempur, dan pesawat pendukung ke wilayah udara dekat Taiwan hampir setiap hari, dengan harapan dapat melemahkan sumber daya pertahanan Taiwan yang terbatas, dan melemahkan dukungan untuk Presiden pro-kemerdekaan Tsai Ing-wen.

Jet tempur China juga menghadapi pesawat militer dari AS dan negara-negara sekutu di wilayah udara internasional di laut China Selatan dan China Timur, yang digambarkan Beijing sebagai manuver berbahaya dan mengancam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya