Negeri Jiran Malaysia Kepincut Lato-Lato, Impor 40 Karung dari Sumbar

Mainan Lato-lato
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Dunia – Negeri Jiran, Malaysia mulai kepincut dengan permainan lato-lato. Buktinya, 785 kilogram lato-lato yang dikemas dalam 40 karung telah diekspor dari Ranah Minang. Pekan terakhir di bulan Januari 2023 kemarin, ekspor perdana sudah dilakukan melalui Bandara Internasional Minangbakau (BIM).

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Menurut Kepala Bea Cukai Teluk Bayur, Indra Sucahyo, mainan lato-lato yang diekspor ke Malaysia tersebut dilakukan oleh seorang pelaku usaha yang ada di Sumatra Barat. Berdasarkan data Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), total berat bersih lato-lato yang dikirim 785 kilogram.

"Total berat bersih 785 kilogram. Dikirim ke Malaysia. Ini perdana ekspor ditahun ini," kata Indra Sucahyo, Jumat 3 Februari 2023. 

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Mainan Lato-lato

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Menurut Indra, dengan adanya permintaan pangsa pasar di Malaysia, membuktikan jika permainan lato-lato yang populer pada era 1990-an itu, tidak hanya diminati di Indonesia saja, namun juga di Malaysia. 

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

Indra berharap, dengan diekspor lato-lato ini dapat menjadi pemicu bagi pelaku usaha lain yang ada di Sumatra Barat untuk kian maju dan bersaing di pasar internasional.

"Dengan ekspor lato-lato ini, membuktikan jika lato-lato juga populer di kalangan luar negeri terutama di Malaysia. Kita berharap dapat memicu pelaku usaha lainnya untuk semakin maju," tutup Indra Sucahyo.

Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024