Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah Lampaui 35.000 Jiwa

Foto satelit before-after dampak gempa di Kota Antakya, Turki
Sumber :
  • Maxar Technologies

VIVA Dunia – Korban tewas akibat gempa hebat di Turki dan Suriah tercatat meningkat menjadi lebih dari 35.000 jiwa. Gempa itu diketahui berkekuatan 7,8 skala richter yang terjadi pada Senin, 6 Februari 2023 di kedua sisi perbatasan Turki dan Suriah.

Korban Banjir di Brasil Selatan Bertambah Jadi 29, 60 Orang Masih Dinyatakan Hilang

Melansir dari AP, Selasa, 14 Februari 2023, Kerusakan finansial akibat gempa di Turki sendiri diperkirakan mencapai US$84,1 miliar atau setara dengan Rp 1,2 kuadriliun, menurut Konfederasi Perusahaan dan Bisnis Turki, sebuah organisasi bisnis non-pemerintah.

Selain itu, Presiden Recep Tayyip Erdogan juga sempat menyerukan keadaan darurat selama tiga bulan, dan telah turun ke beberapa tempat penampungan di Kahramanmaras yang terkena dampak paling parah. Warga terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat gempa tersebut.

Turki Hentikan Perdagangan dengan Israel Buntut Pengiriman Bantuan ke Gaza Terhambat

Bayi-bayi yang diterbangkan menggunakan pesawat Erdogan

Photo :
  • Anadolu Agency

Dia mengakui adanya kekurangan dalam tanggapan atas bencana itu, tetapi dia juga bersumpah tidak akan meninggalkan warga Turki.

Badan Geologi: Jumlah Gempa Embusan Gunung Ile Lewotolok Meningkat

Selain kehancuran di beberapa wilayah Turki, maraknya penjarahan dan perampokan juga meningkat di daerah yang terkena bencana tersebut. Hal itu membuat Erdogan menyerukan perintah bahwa pihaknya akan menindak tegas para penjarah.

Pihak berwenang tangkap tersangka penjarah di area gempa Turki

Photo :
  • Anadolu Agency

Negara-negara di seluruh dunia telah mengerahkan tim penyelamat terbaiknya dan bantuan kemanusiaan untuk membantu para korban.

Tetapi upaya penyelamatan yang dilakukan tim terhambat oleh suhu yang sangat dingin. Sejauh ini, terjadi hampir 200 gempa susulan yang membuat pencarian menjadi tidak stabil.

Di seberang provinsi Hatay, tepat di barat daya pusat gempa, para pejabat mengatakan sebanyak 1.500 bangunan hancur dan banyak orang melaporkan kerabat mereka terperangkap di bawah reruntuhan tanpa bantuan atau tim penyelamat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya