Dampak Mengerikan Ledakan Kereta Pengangkut Bahan Kimia di Ohio AS, Warga Dipaksa Mengungsi

Ledakan kereta pengangkut bahan kimia di Ohio, AS
Sumber :
  • AP Photo/Gene J. Puskar

VIVA Dunia – Sebuah kecelakaan kereta api terjadi di Ohio, Amerika Serikat, pada 6 Februari 2023, dan menyebabkan tumpahan bahan kimia berbahaya yakni Vinyl Chloride. Kecelakaan tersebut terjadi di kota East Palestine, dan menurut sebuah laporan menyebutkan bahwa ikan dan ternak mati ditemukan hingga bermil-mil jauhnya dari lokasi kejadian.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Mengenai kejadian tersebut juga, penduduk yang berada di dekat lokasi tergelincirnya kereta api, yang memicu kebakaran besar di Palestina Timur, Ohio, didesak untuk segera mengungsi pada Minggu malam, 12 Februari 2023, karena adanya risiko ledakan, kata pihak berwenang setempat.

"Dalam dua jam terakhir, perubahan suhu yang drastis telah terjadi di gerbong kereta api, dan sekarang ada potensi bencana kegagalan kereta tanker yang dapat menyebabkan ledakan dengan potensi pecahan peluru yang mematikan menempuh jarak hingga satu mil,” ujar Gubernur Mike DeWine dalam sebuah pernyataannya, dikutip dari CNN, Selasa, 14 Februari 2023.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Kereta tersebut jatuh pada hari Jumat pekan lalu, saat membawa bahan berbahaya dan menyebabkan kobaran api yang kian membesar, yang juga menimbulkan kekhawatiran tentang kualitas udara.

Kereta pengangkut bahan kimia di Ohio, AS, tergelincir dan terbakar

Photo :
  • AP Photo/Gene J. Puskar
Menhan Israel Pasang Badan untuk Batalion Netzah Yehuda yang Dijatuhi Sanksi AS

Diketahui, kereta api yang dikelola oleh Norfolk Southern tergelincir dan menyebabkan kebocoran Vinyl Chloride.

Bahan kimia ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian jika terhirup dalam jumlah yang banyak. 

Meskipun sudah lebih dari seminggu sejak peristiwa gerbong kereta barang tergelincir dan meledak, tetapi kekhawatiran tentang kualitas udara dan bahan kimia berbahaya di dalam kereta mendorong beberapa penduduk desa untuk pergi, dan pejabat kemudian memerintahkan evakuasi di daerah tersebut karena kekhawatiran akan potensi ledakan lanjutan dan pentalan puing-puing.

Pejabat yang berusaha menghindari bahaya ledakan memilih untuk dengan sengaja membakar vinil klorida beracun dari lima gerbong kereta, menyebabkan api dan asap hitam lagi mengepul tinggi ke langit. 

Pemandangan yang menggelegar itu membuat orang mempertanyakan potensi dampak kesehatan bagi penduduk di daerah tersebut dan sekitarnya, bahkan ketika pihak berwenang menyatakan bahwa mereka melakukan yang terbaik untuk melindungi orang.

Pada hari-hari berikutnya, kekhawatiran dan pertanyaan warga semakin banyak — sebagian diperkuat oleh penyebaran informasi yang salah secara online.

Pihak berwenang memastikan bahwa tidak ada bahaya bagi masyarakat sekitar. Namun, anehnya pemerintah menangkap wartawan yang mencoba memberikan informasi lebih lanjut tentang kecelakaan ini.

Kabar yang telanjur viral di media sosial ini lantas membuat masyarakat setempat menuntut pemerintah agar menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat, serta memberikan informasi yang jujur dan terbuka tentang kejadian tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya