Jadi Teroris Paling Dicari, Kepala Pemimpin Baru Al-Qaeda Dihargai Rp150 Miliar oleh FBI

Pemimpin baru Al Qaeda, Saif Al-Adel
Sumber :
  • Al Arabiya

VIVA Dunia – Saif Al-Adel, mantan perwira pasukan khusus Mesir dan anggota tinggi Al-Qaeda diyakini telah menjadi pemimpin kelompok militan yang "tidak terbantahkan", menurut laporan terbaru PBB tentang organisasi itu.

Ngeri, Slovakia Terima 1.100 Ancaman Bom dalam Sehari

Al-Qaeda belum secara resmi menunjuk pengganti Ayman Al-Zawahiri, yang diyakini telah tewas dalam serangan rudal AS di Kabul tahun lalu, memberikan pukulan bagi organisasi tersebut sejak pendirinya, Osama bin Laden terbunuh pada tahun 2011.

Meskipun seorang pejabat intelijen AS mengatakan pada bulan Januari bahwa suksesi Zawahiri masih belum jelas, laporan PBB yang menilai risiko dari kelompok tersebut mengatakan: “Dalam diskusi pada bulan November dan Desember, banyak Negara Anggota berpandangan bahwa Saif Al-Adel sudah beroperasi sebagai de facto dan pemimpin kelompok yang tidak terbantahkan,” melansir Arab News, Kamis, 16 Februari 2023.

Meninggal Dunia, Ini Profil Dorman Borisman Aktor Senior yang Langganan Jadi Karakter Orang Batak

Sail Al-Adel dan Ayman al-Zawahiri

Photo :
  • Arab News

Tidak seperti pendahulunya yang terbunuh yang mempertahankan profil tinggi dengan siaran video di seluruh dunia yang mengancam Amerika Serikat, para ahli mengatakan Adel merencanakan serangan dari bayang-bayang saat dia membantu mengubah Al-Qaeda menjadi kelompok militan paling mematikan di dunia.

Profil Fat Cat, Gamer Asal China yang Bunuh Diri Akibat Diputus Cinta

Adel pernah didakwa pada November 1998 oleh dewan juri federal AS atas perannya dalam serangan bom di kedutaan besar AS di Tanzania dan Kenya yang menewaskan 224 warga sipil dan melukai lebih dari 5.000 orang.  Ada beberapa foto dirinya, selain dari tiga foto, termasuk gambar hitam putih yang sangat serius tentang dirinya di daftar paling dicari FBI.

Di luar operasi di Afrika, kamp pelatihannya, dan kaitannya dengan pembunuhan jurnalis AS Daniel Pearl di Pakistan pada tahun 2002, menurut penyelidik AS, hanya sedikit yang diketahui tentang Adel.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Adel kini berbasis di Iran. Program Imbalan untuk Keadilan departemen menawarkan hingga US$10 juta dolar atau Rp150 miliar untuk informasi tentang Adel, yang katanya adalah anggota "dewan kepemimpinan Al-Qaeda" dan mengepalai komite militer organisasi tersebut.

Situs web program tersebut mengatakan bahwa setelah pemboman Afrika, mantan letnan kolonel tentara Mesir itu pindah ke Iran tenggara, tempat dia tinggal di bawah perlindungan Korps Pengawal Revolusi Islam negara itu.

VIVA Militer: Kelompok teroris Al-Qaeda di Suriah

Photo :
  • Middle East Monitor

Dia dan para pemimpin Al-Qaeda lainnya ditempatkan di bawah tahanan rumah pada April 2003 oleh Iran, yang membebaskan dia dan empat orang lainnya sebagai ganti seorang diplomat Iran yang diculik di Yaman.

Ali Soufan, mantan agen khusus FBI yang melacak operasi Al-Qaeda, menulis dalam profil yang dibawa oleh Pusat Pemberantasan Terorisme bahwa militan yang nom de guerre atau berarti "pedang keadilan" telah digambarkan sebagai sosok cerdas dengan wajah poker. Nama aslinya adalah Mohammad Salahuddin Zeidan.

Pernah menjadi kepala pengawal Osama bin Laden dan pelatih senior militan, para ahli gerakan ekstremis mengatakan Adel memulai karir panjangnya yang berdarah pada tahun 1981, ketika dia dicurigai terlibat dalam pembunuhan Presiden Mesir Anwar Al-Sadat selama parade militer di Kairo. yang disiarkan di televisi.

“Latar belakang militer profesional Saif Al-Adel dan pengalaman berharga sebagai kepala komite militer Al-Qaeda sebelum 9/11 berarti dia memiliki kepercayaan yang kuat untuk mengambil alih kepemimpinan Al-Qaeda secara keseluruhan,” kata Elisabeth Kendall, pakar ekstremis di Universitas Oxford.

Pemimpin baru Al Qaeda, Saif Al-Adel

Photo :
  • Al Arabiya

Adel, salah satu dari sedikit penjaga lama Al-Qaeda yang tersisa, telah dekat dengan komando pusat selama beberapa dekade, kata para ahli. Dia akan ditugaskan untuk memberikan panduan strategis untuk waralaba yang tersebar luas di Timur Tengah, Afrika, dan Asia yang menjalankan urusan sehari-hari mereka sendiri, tambah mereka.

Adel memperoleh lebih banyak kredensial ekstremis setelah dia bergabung dengan militan Arab lainnya melawan pasukan pendudukan Soviet di Afghanistan, di mana dia akhirnya memimpin sebuah kamp pelatihan sebelum menjadi tokoh senior di Al-Qaeda.

“Dia (Adel) adalah sosok yang sangat berani, profesional, berdarah dingin,” kata Yoram Schweitzer, kepala Program Terorisme dan Konflik Intensitas Rendah di Institut Studi Keamanan Nasional Universitas Tel Aviv.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya