Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah Capai 38.000 Jiwa

Pemadam kebakaran mengevakusi mayat korban gempa di Gaziantep, Turki.
Sumber :
  • AP Photo/Kamran Jebreili.

VIVA Dunia – Jumlah kematian akibat bencana gempa bumi yang melanda Turki dan Suriah naik menjadi 38.000 jiwa, pada Jumat, 17 Februari 2023. Dengan rincian korban tewas di Turki mencapai 40.000, dan korban tewas di Suriah mencapai 3.688. 

Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi 88 Detik Luncurkan Abu Setinggi 1.000 Meter

Melansir dari NDTV, Jumat, 17 Februari 2023, pejabat dan petugas medis mengatakan ribuan bangunan di negara tersebut hancur akibat gempa berkekuatan 7,8 skala richter.

Sebelumnya, tim penyelamat Turki pada hari Kamis, 16 Februari 2023, berhasil menyelamatkan seorang gadis berusia 17 tahun, dan seorang wanita berusia 20-an yang terjebak di reruntuhan selama hampir 11 hari penuh.

Gempa Vulkanik Gunung Ruang Fluktuatif Cenderung Menurun, Menurut Balai Pemantauan

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Photo :
  • Twitter

Turki sejauh ini juga telah menangguhkan operasi penyelamatan di beberapa wilayah, dan pemerintah di Suriah yang dilanda perang telah melakukan hal yang sama di wilayah yang berada di bawah kendalinya.

Detik-detik Menegangkan Pria Ini Selamat dari Tembok Runtuh Akibat Gempa Garut

Jumlah korba tewas secara keseluruhan di Turki dan Suriah menjadikan bencana alam ini sebagai bencana paling mematikan di negara itu dalam sejarah pasca-Ottoman.

Gunung Ruang di Sulawesi Utara meletus (Dok BNPB)

Abu Vulkanik Gunung Ruang Bahayakan Kesehatan, BMKG Imbau Warga Pakai Masker

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar memakai masker guna mewaspadai abu vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024