Anwar Ibrahim Perintahkan Penyelidikan Menyeluruh Kertas Pandora yang Libatkan Sejumlah Tokoh

PM Malaysia Anwar Ibrahim
Sumber :
  • Dok Anwar Ibrahim

VIVA Dunia – Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menginstruksikan badan terkait untuk melanjutkan penyelidikan menyeluruh terhadap pandora papers atau kertas pandora yang mempublikasikan dugaan keterlibatan sejumlah tokoh di negara itu dalam menyalahgunakan kekuasaan guna memperkaya diri.

"Instruksi saya kepada badan-badan ini ialah untuk meneruskan penyelidikan menyeluruh dan saya mohon Yang Terhormat dan rekan anggota parlemen (sebanyak) 222 orang ini mengambil sikap yang tegas, jangan melindungi dan setelah ada penyelidikan terus membantah niat tersebut," kata Anwar dalam rapat dengar pendapat di Gedung Dewan Rakyat diikuti secara daring di Kuala Lumpur, Selasa 21 Februari 2023.

Ia meminta jika ada bukti, ada fakta, maka harus ada tindakan yang diambil. Namun, jika tindakan diambil tanpa fakta maka itu boleh dianggap sebagai penyalahgunaan kuasa ataupun hanya motif politik.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim

Photo :
  • Dok Anwar Ibrahim

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

"Tapi kalau uang miliaran atau ratus juta ringgit dikeluarkan (lalu) dilindungi karena dia menyokong kita, itu akan membawa kehancuran dan malapetaka ke negara kita," tegas Anwar.
Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah


Ia mengatakan ada 3.000 nama yang disebutkan dalam Kertas Pandora, namun penyelidikan yang melibatkan Polisi Kerajaan Malaysia (PDRM), Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) dan Lembaga Hasil Dalam Negeri (IRB) fokus pada tokoh-tokoh besar di Malaysia, termasuk mantan perdana menteri dan mantan menteri keuangan yang diduga telah menyalahgunakan kekuasaannya untuk memperkaya diri saat menjabat.

Menurut dia, badan-badan yang sedang melakukan penyelidikan saat ini tentu memerlukan langkah-langkah yang lebih canggih umpamanya berkaitan dengan keamanan siber guna mengantisipasi berlakunya upaya menghindari transaksi tunai dengan bitcoin atau mata uang digital lainnya.

Anwar mengatakan sudah menerima laporan tindakan dan upaya untuk mengidentifikasi dugaan penyalahgunaan jabatan tersebut, bahkan sudah ada yang dipanggil oleh badan-badan terkait rekening-rekening berisi uang ratusan juta ringgit yang disimpan di luar negeri. Semua sedang diselidiki.

Anwar menyebut jumlah uang yang terkait dengan Kertas Pandora dari Malaysia cukup tinggi nilainya jika dibandingkan dengan jumlah penduduk dan peringkat ekonomi negara, meski jumlah yang lebih tinggi ada dari negara-negara besar seperti China dan Arab Saudi.

Ia juga menyebut kebanyakan uang yang dibawa keluar negeri bersumber dari kegiatan yang dilarang. "Haram kebanyakan. Tapi saya tidak boleh katakan semua (haram), ini terserah kepada badan yang melakukan penyelidikan".

Anwar mengatakan akan memastikan penyidikan terkait isu tersebut tidak akan dilakukan sembarangan untuk memberikan pelajaran kepada semua pihak bahwa pemerintah tidak akan membiarkan hal tersebut terus berlanjut.

Kertas Pandora merupakan publikasi International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) yang berisi 11,9 juta dokumen keuangan rahasia dari lulusan negara. Catatan yang bocor berasal dari 14 perusahaan jasa lepas pantai dari seluruh dunia yang mendirikan perusahaan cangkang untuk klien mereka yang ingin “menjaga” aktivitas keuangannya. (Ant/Antara)
Ilustrasi cadangan devisa, utang luar negeri, modal asing, dan devisa hasil ekspor.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

BI menegaskan, terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait serta mengoptimalkan strategi bauran kebijakan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024