Penembakan Brutal Gereja di Hamburg Jerman, 7 Orang Dilaporkan Tewas

Polisi berada di TKP penembakan di Hamburg, Jerman pada Kamis 9 Maret 2023
Sumber :
  • Jonas Walzberg/dpa via AP

VIVA Dunia – Sejumlah orang dinyatakan tewas setelah penembakan terjadi di sebuah gereja, saat pertemuan Saksi-Saksi Yehuwa di kota Hamburg, Jerman utara, pada Kamis, 9 Maret 2023. Polisi mengatakan pria bersenjata – pelaku diduga itu bertindak sendiri melakukan penyerangan. Pelaku diperkirakan sudah tewas.

Isu Setoran Rp10 Juta Agar Brigadir Ridhal Ali jadi Ajudan Pengusaha, Ini Kata Polda Sulut

Sejauh ini, tidak jelas apakah penyerang termasuk di antara enam atau tujuh kematian yang dilaporkan oleh media Jerman.

"Sampai saat ini, belum ada informasi yang dapat dipercaya tentang motif penembakan itu," kata polisi, dikutip dari BBC Internasional, Jumat, 10 Maret 2023.

Polisi Sulsel Gagalkan Penyulundupan Sabu 30 Kilogram Senilai Rp 46 M

Sejumlah orang juga terluka dalam penembakan di jalan Deelboge di distrik Gross Borstel kota itu.

Polisi mengatakan mereka menemukan korban tewas di tempat kejadian, yang diyakini sebagai pelaku. Penyelidikan juga akan terus berlanjut.

Terlibat Narkoba Hingga Terlantarkan Keluarga, 3 Anggota Polisi di Tangerang Dipecat

Polisi saat itu menerima panggilan darurat sekitar pukul 21:15 waktu setempat, karena tembakan telah dilakukan di dalam gedung, kata juru bicara polisi Holger Vehren.

Polisi berada di TKP penembakan di Hamburg, Jerman pada Kamis 9 Maret 2023

Photo :
  • Daniel Bockwoldt/dpa via AP

"Petugas yang masuk berhasil menemukan orang-orang yang terluka parah oleh senjata api, beberapa di antaranya mengalami luka fatal," ujarnya.

"Para petugas juga mendengar tembakan dari bagian atas gedung dan naik ke atas, di mana mereka juga menemukan seseorang. Sejauh ini kami tidak memiliki indikasi bahwa ada pelaku yang melarikan diri."

Dia mengatakan polisi belum mengidentifikasi para korban dan pekerjaan di TKP terus berlanjut.

"Yang kami tahu adalah beberapa orang tewas di sini, beberapa orang terluka, mereka dibawa ke rumah sakit," kata Vehren.

Alasan di balik penembakan itu masih belum jelas dan dalam proses penyelidikan.

Sebelumnya, peringatan dikirim ke aplikasi peringatan federal, NINAwarn, sekitar pukul 21:00, untuk memberi tahu penduduk setempat bahwa ada satu atau lebih pelaku tak dikenal menembak orang di sebuah gereja.

Warga di sekitar diberitahu untuk tidak meninggalkan rumah mereka di tengah operasi polisi yang sedang berlangsung.

Menteri Dalam Negeri Hamburg, Andy Grote, mengatakan di Twitter bahwa pasukan khusus polisi dan sejumlah besar petugas telah dikerahkan ke tempat kejadian.

Polisi juga telah mengimbau masyarakat untuk tidak berbagi asumsi atau menyebarkan desas-desus palsu mengenai kejadian itu.

Sebagai informasi, Saksi-Saksi Yehuwa adalah anggota gerakan keagamaan berbasis Kristen.

Denominasi ini didirikan di AS menjelang akhir abad ke-19, di bawah kepemimpinan Charles Taze Russell, markas besar gerakan ini ada di New York.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya