Puluhan Ribu Buruh Gelar Aksi May Day di Surabaya Besok, Ini Rutenya

Kepadatan kendaraan imbas aksi buruh di Surabaya.
Sumber :
  • VIVA Jatim/ A Toriq A

Surabaya – Ribuan aparat dari Kepolisian RI, TNI, dan instansi pengaman lainnya disiagakan dalam mengamankan jalannya aksi buruh di momen Hari Buruh atau May Day di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu, 1 Mei 2024, besok. Sesuai rencana, ribuan buruh akan memadati jalan di depan kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya.

Bikin Bangga, Akpol Didapuk Jadi Tuan Rumah Diklat Polisi se-Asia Tahun Depan

Berdasarkan keterangan dari Wakil Sekretaris DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur, Nuruddin Hidayat, ada sekitar 20 ribu buruh dari berbagai organisasi dan daerah yang akan bergabung dalam aksi Hari Buruh yang berpusat di kantor Gubernur Jatim pada Rabu besok.

Titik kumpul buruh ialah di Bundaran Waru, pintu masuk dan keluar utama Surabaya yang berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo. Mereka dijadwalkan berkumpul pada pukul 12.00 WIB. Dari sana, massa akan bergerak bersama-sama menuju lokasi dan diperkirakan tiba di kantor Gubernur Jatim dua jam kemudian.

Publik Puas dengan Pelaksanaan Mudik, Kompolnas: Bukti Semangat Polisi Melayani Masyarakat

Nuruddin menambahkan, rute yang akan dilalui massa buruh ialah Jalan Ahamad Yani – Jalan Darmo – Jalan Basuki Rahamat – Jalan Embong Malang – Jalan Blauran – Jalan Bubutan – Jalan Kebon Rojo – dan terakhir Jalan Pahlawan.

Tiga Ribu Buruh Tangerang Turun ke Jalan Tuntut UMK 2024

Photo :
  • Sherly (Tangerang)
AKBP Roy: Ledakan Hebat di Perumahan Elit Medan Murni Gas, Bukan Bom

Nuruddin mengimbau kepada masyarakat dan para pengendara agar menghindari jalan-jalan rute massa buruh tersebut. “Khsususnya pengendara pengguna jalan umum agar menghindari jalan-jalan tersebut pada hari Rabu tanggal 1 Mei 2024,” katanya pada Selasa, 30 April 2024.

Terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Dirmanto mengatakan, pihaknya menyiagakan 1.758 personel dari Polda Jatim untuk mengamankan aksi buruh di peringatan Hari Buruh 2024. Ribuan personel itu akan bergabung dengan aparat dari TNI dan instansi samping lainnya.  

Dirmanto mengimbau agar para buruh yang beraksi menyuarakan aspirasinya secara tertib dan tidak berlebihan. "Mari kita peringati May Day dengan membuat kegiatan yang membawa manfaat untuk masyarakat di lingkungan masing-masing," ujarnya.

Buruh beraksi peringati May Day di Surabaya, Jatim.

Photo :
  • VIVA Jatim/ A Toriq A

Sementara itu, Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya mengerakan 3.500 personel untuk pengamanan aksi buruh. Berbeda dengan klaim pihak buruh, pihak Polrestabes Surabaya memperkirakan jumlah peserta aksi peringatan Hari Buruh pada Rabu besok sekitar 5.000 – 8.000 orang.

“Polrestabes [Surabaya] akan menyiapkan pola-pola pengamanan, seperti di titik kumpul Cito, Royal, KBS [Kebun Binatang Surabaya],” kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polrestabes Surabaya, Ajun Komisaris Polisi Haryoko Widhi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya