Jelang May Day, 2.500 Buruh Tangerang Bakal Bergerak Menuju Jakarta

Demo buruh di Kawasan Patung Kuda Jakarta (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tangerang - Sebanyak 2.500 buruh yang tergabung dari beberapa perusahaan dan aliansi di wilayah Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan) direncanakan akan bergerak menuju Jakarta.

Wartawan Di Malang Tolak RUU Penyiaran, Bikin Teatrikal Pembungkaman Pers

Pergerakan tersebut untuk menggelar aksi unjuk rasa dalam memperingati Hari Buruh atau May Day yang jatuh pada 1 Mei, besok.

Koordinator KASBI Wilayah Tangerang Maman mengatakan, jumlah buruh yang akan turun ke jalan sebanyak 2.500 orang, namun angka tersebut diperkirakan akan bertambah.

Lindungi Pekerja dan Keluarganya, Menaker Tekankan Pentingnya Kesehatan Reproduksi di Tempat Kerja

Ilustrasi/Aksi buruh di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

"Sesuai dengan data yang masuk ke kami, jumlahnya lebih dari 2.500 orang. Terdiri dari beberapa aliansi dan perusahaan. Kami akan menuju Jakarta," katanya, Selasa, 30 April 2024.

Nantinya, para buruh dari Tangerang akan bergabung dengan wilayah Banten yang kemudian bertemu dengan kelompok buruh se-Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi, dalam aksi Gerakan Gabungan Rakyat (Gebrak).

Mahasiswa Unjuk Rasa Desak Dokter Richard Lee Diadili Karena Diduga Hina Polisi

Sasaran ribuan buruh kali ini yaitu Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Istana Merdeka, dan Bundaran HI, dengan tuntutan mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja dan PP turunannya, stop PHK dan pemberangusan serikat buruh, berlakukan upah layak nasional, secara adil dan bermartabat, serta cabut PP 51 2023.

"Kemudian, tolak sistem kerja kontrak, outsourcing, sistem kerja magang, dan sistem mitra palsu bagi driver online dan ojol. Juga lindungi buruh perempuan, stop pelecehan dan kekerasan di tempat kerja," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya