Mantan Presiden Taiwan Akan Kunjungi China, Picu Perpecahan Politik Domestik

VIVA Militer: Mantan Presiden Taiwan, Ma Ying-Jeou
Sumber :
  • The Straits Times

VIVA Dunia – Mantan Presiden Taiwan Ying-jeou, akan mengunjungi China pada bulan ini. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertama pejabat Taipei, sejak perang dingin selama puluhan tahun dengan Beijing.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Melansir dari The Guardian, Senin, 20 Maret 2023, kunjungan Ma dan partainya, oposisi Kuomintang (KMT), sebagai kesempatan untuk meningkatkan pertukaran lintas-selat.

Bendera Taiwan-China.

Photo :
  • ANTARA/Reuters/Dado Ruvic.
Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Namun, kunjungan itu kemungkinan akan memicu perpecahan politik domestik antara KMT dan Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa atas hubungan dengan China.

Kantor Ma mengatakan perjalanan itu dijadwalkan pada 27 Maret hingga 7 April, dengan pemberhentian di Nanjing, Wuhan, Changsha, Chongqing, dan Shanghai.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Namun, media lokal melaporkan bahwa Dewan Urusan Daratan Taiwan belum menerima laporan tentang rencana perjalanan tersebut, seperti yang dipersyaratkan oleh mantan presiden.

Kunjungan Ma, terjadi di tengah meningkatnya upaya Beijing untuk memasukkan Taiwan ke dalam Republik Rakyat Tiongkok sebagai sebuah provinsi.

Melalui tekanan militer dan diplomatik, Beijing berharap untuk mencapai apa yang disebutnya “reunifikasi” secara damai, tetapi tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan.

Namun, rakyat dan pemerintah Taiwan, baik DPP yang berkuasa dan mantan partai Kuomintang Ma, sekarang menjadi oposisi dan menolak prospek pemerintahan China.

Perwakilan Ma, dan partai KMT, telah menekankan tujuan perjalanan tersebut sebagai salah satu pemujaan leluhur atau praktik tradisional Tiongkok untuk menghormati leluhur yang telah meninggal dan memperkuat pertukaran mahasiswa serta non-pemerintah antara Taiwan dan Tiongkok.

“Mantan presiden Ma percaya bahwa anak muda di kedua sisi Selat saling memahami,” kata Hsiao Hsu-tsen, direktur eksekutif Yayasan Ma Ying-jeou.

Hsiao mengatakan pertukaran semacam itu semakin mendesak mengingat permusuhan antara kedua pemerintah.

“Semakin banyak kontak antar siswa, semakin banyak persahabatan antara kedua belah pihak. Semakin dalam persahabatan, semakin rendah kemungkinan konflik.”

Sebagai informasi, Partai KMT adalah pendukung hubungan yang lebih bersahabat dengan China, tetapi menentang reunifikasi dan menyangkal bahwa mereka pro-Beijing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya