Atlet Transgender Kini Tak Boleh Bertanding di Olimpiade Wanita

Ilustrasi Atlet
Sumber :
  • iStock.com

VIVA Dunia – Wanita transgender tidak akan lagi diizinkan untuk berkompetisi dalam pertandingan atletik untuk wanita, terlepas dari tingkat "testosteron mereka", kata Presiden World Atlethics atau Dewan Atletik Dunia, Sebastian Coe.

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

"Tidak ada atlet transgender perempuan yang telah melewati masa pubertas laki-laki yang diizinkan berkompetisi dalam kompetisi peringkat dunia perempuan mulai 31 Maret," ujar Coe, melansir Al Jazeera, Jumat, 24 Maret 2023.

Berbicara setelah pertemuan badan pembuat keputusan federasi atletik global, Coe mengatakan World Athletics telah berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan, termasuk 40 federasi nasional, Komite Olimpiade Internasional dan kelompok trans tentang masalah atlet transgender.

Terkuak, Motif Pembunuhan Wanita Open BO di Pulau Pari

ilustrasi transgender

Photo :
  • U-Report

“Mayoritas yang dikonsultasikan menyatakan bahwa atlet transgender tidak boleh berlaga di kategori wanita,” ujarnya.

Pembunuh Wanita Hamil di Kelapa Gading Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

“Banyak yang percaya bahwa tidak ada bukti yang cukup bahwa waria tidak mempertahankan keunggulan atas perempuan biologis dan menginginkan lebih banyak bukti bahwa keunggulan fisik telah diperbaiki sebelum mereka bersedia mempertimbangkan opsi untuk dimasukkan ke dalam kategori perempuan," ujarnya. 

Dia menambahkan: "Keputusan yang kami ambil adalah, saya yakin, untuk kepentingan terbaik olahraga kami."

"Tidak bukan berarti mengatakan 'tidak' selamanya," lanjut Coe.

Coe mengatakan sebuah kelompok kerja yang dipimpin oleh seorang transgender akan dibentuk untuk memantau lebih lanjut perkembangan ilmiah. “Kami tidak mengatakan 'tidak' selamanya,” ujar Coe lagi.

“Kami terus berpandangan bahwa kami harus menjaga keadilan bagi atlet wanita di atas semua pertimbangan lainnya,” katanya. “Kami akan dibimbing dalam hal ini oleh sains seputar kinerja fisik dan keunggulan pria, yang pasti akan berkembang di tahun-tahun mendatang. Semakin banyak bukti yang tersedia, kami akan meninjau kembali posisi kami, tetapi kami yakin integritas kategori wanita dalam atletik adalah yang terpenting.”

Ilustrasi Atlet

Photo :
  • iStock.com

World Athletics mengatakan menjadi jelas bahwa ada "sedikit dukungan dalam olahraga" untuk opsi yang diajukan kepada pemangku kepentingan yang mengharuskan atlet transgender untuk mempertahankan kadar testosteron mereka di bawah 2,5 nanomoles per liter darah selama 24 bulan agar memenuhi syarat untuk bersaing secara internasional. kategori perempuan.

"Saat ini, tidak ada atlet transgender yang berkompetisi secara internasional dalam atletik dan akibatnya tidak ada bukti khusus atletik tentang dampak atlet ini terhadap keadilan kompetisi atletik wanita," kata Dewan Atletik Dunia dalam sebuah pernyataan. 

“Dalam keadaan seperti ini, Dewan memutuskan untuk memprioritaskan keadilan dan integritas kompetisi perempuan sebelum dimasukkan," tutup mereka. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya