Iran Akhirnya Izinkan Wanita Nonton Sepakbola di Stadion

Para wanita iran menonton sepakbola di stadion
Para wanita iran menonton sepakbola di stadion
Sumber :
  • France 24

VIVA Dunia – Ratusan wanita Iran akhirnya bisa bersorak mendukung tim tuan rumah selama pertandingan Iran melawan Rusia di Stadion Azadi di ibu kota Teheran.

Pertandingan itu terjadi di saat negara itu dipenuhi aksi protes selama berbulan-bulan yang dipicu oleh kematian bulan September dalam tahanan Mahsa Amini (22) seorang Kurdi Iran, setelah penangkapannya atas dugaan pelanggaran kode berpakaian Iran untuk wanita.

Ratusan orang tewas, termasuk puluhan personel keamanan, dan ribuan ditangkap karena mengambil bagian dalam apa yang disebut pejabat Iran sebagai "kerusuhan" yang dipicu oleh Amerika Serikat dan sekutunya, melansir France 24

Para wanita iran menonton sepakbola di stadion

Para wanita iran menonton sepakbola di stadion

Photo :
  • France 24

Pada bulan Maret tahun lalu, meskipun wanita Iran diizinkan membeli tiket untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Lebanon, mereka dilarang masuk ke stadion Imam Reza di timur laut kota Masyhad.

Seorang pejabat pemerintah saat itu menyalahkan "manajemen yang buruk". Dua bulan sebelumnya, wanita dapat menghadiri pertandingan internasional untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun, saat kualifikasi Piala Dunia melawan Irak.

Seperlima dari 10.000 tiket dikhususkan untuk wanita selama pertandingan itu, kantor berita ISNA melaporkan pada saat itu. 

Halaman Selanjutnya
img_title