Rusia Ungkap Pembunuh Blogger Rusia Pro-Putin, Ternyata Wanita Berusia 26 Tahun

Wanita yang dituduh membunuh blogger Pro-Putin
Sumber :
  • BBC.co.uk

VIVA Dunia – Pihak berwenang Rusia telah mengklaim bahwa seorang wanita telah mengaku menanam bom di sebuah kafe St Petersburg yang menewaskan seorang blogger militer pro-Putin, Vladlen Tatarsky dan melukai 30 lainnya.

WN Ukraina-Rusia 'Sulap' Vila di Bali Jadi Lab Narkoba dengan Bunker Bawah Tanah

Menurut laporan The Guardian, Darya Trepova yang berusia 26 tahun ditangkap atas dugaan pembunuhan setelah ledakan di kota terbesar kedua Rusia pada Minggu sore.

Dalam sebuah video yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri Rusia, Trepova terdengar mengakui dia menyerahkan sebuah patung yang kemudian meledak. Namun, dia tidak mengatakan bahwa dia tahu akan ada ledakan, dia juga tidak mengakui peran lebih lanjut. 

Tidak Pakai Dolar, Rusia Beli Senjata dari India Gunakan Rupee

Vladlen Tatarsky

Photo :
  • AP Photo

Dalam video singkat tersebut, Trepova menghela nafas beberapa kali. Ketika interogatornya bertanya apakah dia tahu mengapa dia ditahan, dia menjawab: "Saya akan mengatakan karena berada di lokasi pembunuhan Vladlen Tatarsky. Saya membawa patung yang meledak ke sana."

Shoigu, Menteri Pertahanan yang Dibela oleh Putin, Akhirnya Dicopot dari Jabatannya

Ketika ditanya siapa yang memberikannya, dia menjawab: "Bisakah saya memberi tahu Anda nanti?"

Menurut laporan media Rusia, Trepova dikatakan telah memberi tahu penyelidik bahwa dia diminta untuk mengantarkan patung itu, tetapi tidak tahu apa isinya. Suami Trepova, Dmitry Rylov, mengatakan kepada situs berita Rusia SVTV News bahwa sementara istrinya menentang perang di Ukraina, "dia tidak akan pernah membunuh" dan dia percaya bahwa istrinya telah dijebak. 

Polisi Rusia mengatakan bahwa sebelumnya Trepova pernah ditahan karena berpartisipasi dalam unjuk rasa menentang perang pada 24 Februari 2022, hari invasi, dan dia menghabiskan 10 hari di penjara. 

Komite Anti-Teroris Nasional mengklaim bahwa Trepova adalah "pendukung aktif" pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny yang dipenjara. Pengkritik paling keras Kremlin, yang sebelumnya mengungkap dugaan korupsi dan mengorganisir protes anti-pemerintah besar-besaran, menjalani hukuman penjara sembilan tahun karena penipuan yang secara luas dikecam sebagai balas dendam politik.

Wanita yang dituduh membunuh blogger Pro-Putin

Photo :
  • BBC.co.uk

Komite Anti-Teroris Nasional, yang mengoordinasikan operasi kontra-terorisme, mengklaim bahwa pemboman yang menewaskan Tatarsky, yang bernama asli Maxim Fomin, "direncanakan oleh dinas khusus Ukraina".

Kremlin menyebut pembunuhan Tatarsky sebagai "aksi terorisme", dengan mengatakan memiliki bukti bahwa itu "direncanakan dan diorganisir dari wilayah Ukraina".

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Irina Volk mengatakan Trepova ditangkap di sebuah flat sewaan di St Petersburg sebagai bagian dari operasi polisi dan dinas keamanan FSB.

Sebelum tewas, Tatarsky menghadiri pertemuan patriotik dengan para pendukung di Street Food Bar No 1, yang memiliki hubungan dengan Yevgeny Prigozhin, sekutu Vladimir Putin dan pendiri kelompok tentara bayaran Wagner.

Tatarsky menjadi pembicara tamu pada Minggu sore. 

Sebuah video yang beredar di media sosial memperlihatkan seorang perempuan muda berjaket cokelat rupanya memasuki kafe dengan membawa kardus. Gambar menunjukkan kotak itu diletakkan di atas meja di kafe sebelum wanita itu duduk. Video lain menunjukkan sebuah patung diserahkan ke Tatarsky.

Lebih dari 30 orang terluka dalam ledakan itu, dengan banyak yang dalam kondisi serius, kata pihak berwenang. Video menunjukkan jendela kafe pecah dan api keluar. Di dalam gedung, setelah ledakan, furnitur yang rusak terlihat berlumuran darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya