Dokumen AS yang Bocor Ungkap Inggris Kirim 50 Pasukan Khusus ke Ukraina

Volodymyr Zelensky bertemu dengan PM Inggris Rishi Sunak
Sumber :
  • BBC.co.uk

VIVA Dunia – Dokumen militer Amerika Serikat yang bocor menunjukkan bahwa negara Inggris telah mengerahkan sebanyak 50 pasukan khusus mereka ke Ukraina.

Ganas, Indonesia Hajar Inggris 5-0 di Thomas Cup

Dokumen tersebut menunjukkan bahwa lebih dari setengah personel pasukan khusus barat yang hadir di Ukraina antara Februari dan Maret tahun ini, mungkin adalah orang Inggris.

Tidak jelas kegiatan apa yang mungkin dilakukan oleh pasukan khusus atau apakah jumlah personel dipertahankan pada tingkat ini, menurut The Guardian

Pengakuan Jujur Anthony Ginting Usai Buka Keunggulan Indonesia Atas Inggris

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • time.com

Pasukan elit militer Inggris, yang aktivitasnya biasanya dirahasiakan, terdiri dari beberapa unit termasuk Special Air Service (SAS).

Susunan Pemain Indonesia Vs Inggris di Thomas Cup 2024

Pemerintah Inggris mengungkapkan sejak awal perang pasukan khusus telah aktif di Ukraina. Sebelum invasi Rusia, pada Juni 2021 kedutaan Inggris di Kiev mengatakan pasukan khususnya telah melakukan kegiatan pelatihan dengan pasukan Ukraina.

Kementerian Pertahanan (MoD) menolak mengomentari pengungkapan atau menjawab pertanyaan tentang personel Inggris di Ukraina dalam beberapa bulan terakhir. Namun, dalam sebuah tweet departemen tersebut mengatakan bahwa kebocoran tersebut telah “menunjukkan tingkat ketidakakuratan yang serius”.

Dokumen yang bocor, yang belum diverifikasi, adalah bagian dari tahap file rahasia militer dan intelijen AS yang diunggah di Discord, sebuah kanal yang digunakan oleh para gamer. Saat ini, sumber asli file tersebut masih belum diketahui.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Inggris

Photo :
  • politico.eu

Dalam beberapa hari terakhir, dokumen-dokumen tersebut, yang kini beredar di media sosial dan forum diskusi online, telah memicu serangkaian laporan media tentang penilaian militer dan intelijen AS, terutama tentang perang di Ukraina.

Meskipun beberapa file yang dibagikan secara online tampaknya telah dimanipulasi, media AS, termasuk New York Times telah melaporkan bahwa pejabat AS mengakui banyak dokumen asli dan awalnya dibagikan secara online tanpa perubahan.

Berlabel "rahasia", dua pembaruan harian tampaknya telah dibuat pada bulan Februari dan Maret tahun ini. Mereka berisi pembaruan tentang operasi militer, logistik, pengiriman senjata, dan pelatihan pasukan Ukraina oleh AS dan sekutu NATO-nya.

Dalam satu bagian, berjudul “US/NATO SOF in UKR”, dokumen tersebut mencantumkan jumlah pasukan khusus barat yang ada di Ukraina. Dokumen-dokumen itu tampaknya bertanggal Februari dan Maret 2023.

Menurut arsip tersebut, para pejabat AS saat itu menilai bahwa dari 97 pasukan khusus dari negara-negara NATO yang aktif di Ukraina, 50 di antaranya adalah Inggris. Ini jauh lebih tinggi daripada jumlah dari AS dan Prancis, yang dikatakan masing-masing telah mengerahkan 14 dan 15 pasukan khusus.

Dokumen-dokumen itu tampaknya menawarkan gambaran sebagian dari penilaian militer AS tentang keadaan perang dan dukungan sekutu untuk Ukraina. Mereka tidak memuat informasi apa pun tentang tujuan pengerahan Inggris atau kontingen pasukan khusus lainnya.

Volodymyr Zelensky bertemu dengan PM Inggris Rishi Sunak

Photo :
  • BBC.co.uk

Dokumen-dokumen tersebut juga menunjukkan bahwa pasukan khusus dapat menjadi bagian dari komando pasukan khusus NATO yang dikoordinasikan oleh markas besar operasi khusus aliansi militer, tetapi rincian yang tepat tentang bagaimana pasukan diatur tidak ditentukan.

Pasukan khusus Inggris termasuk SAS, Layanan Kapal Khusus, Resimen Pengintaian Khusus, serta beberapa unit militer rahasia lainnya seperti Resimen Sinyal 18 (UKSF).

Unit-unit tersebut, yang melakukan operasi penyamaran serta operasi pengawasan dan pengintaian rahasia, adalah organisasi militer Inggris yang paling rahasia. Berbeda dengan dinas intelijen, pasukan khusus tidak tunduk pada pengawasan eksternal parlemen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya