Sosok Dalang Pembocor Dokumen Rahasia AS, Anggota Garda Nasional AU Berusia 21 Tahun

Seorang anggota Garda Nasional Angkatan Udara AS berusia 21 tahun telah ditangkap terkait kebocoran dokumen rahasia Pentagon.
Sumber :
  • WCVB-TV via AP.

VIVA Dunia – Seorang anggota Garda Nasional Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) ditangkap karena diduga terlibat dalam kebocoran dokumen rahasia AS. Jack Teixeira, diketahui berperan sebagai pemimpin grup obrolan game online, di tempat pertama kali file-file itu bocor. 

3 Polisi AS Tewas Saat Baku Tembak dengan Penjahat di North Carolina

Pejabat AS mengatakan dia akan didakwa di bawah Undang-Undang Spionase, yang menjadikannya kejahatan untuk mengirimkan informasi pertahanan rahasia. Dokumen tersebut mengungkapkan intelijen AS tentang perang di Ukraina dan negara lain di seluruh dunia. 

Menurut rekaman udara menunjukkan petugas melakukan penangkapan di rumah keluarga Teixeira pada hari Kamis, 13 April 2023. 

5 Unit Militer Israel Langgar HAM, AS Pertimbangkan Sanksi

FBI menangkap seorang anggota Garda Nasional Angkatan Udara AS berusia 21 tahun terkait kebocoran dokumen rahasia Pentagon.

Photo :
  • AP Photo/Steven Senne.

Rekaman penangkapan menunjukkan pria berumur 21 tahun itu berjalan mundur menuju petugas FBI bersenjata dengan tangan terangkat sebelum dia diborgol dan dibawa ke sebuah kendaraan. Jalan-jalan di daerah itu diblokir oleh petugas polisi saat penangkapan berlangsung. 

Joe Biden Dikecam karena Diam Saat Israel Menghadapi Ancaman Surat Perintah Penangkapan

"Ada sekitar enam hingga delapan orang tentara dengan senapan berjalan-jalan," kata penduduk lokal Dick Treacy, dikutip dari BBC Internasional, Jumat, 14 April 2023. 

"Ini adalah daerah yang sangat sepi." 

Teixeira diperkirakan akan tampil di pengadilan pertamanya di Boston pada hari Jumat ini. 

Dia adalah anggota sayap intelijen Garda Nasional Udara Massachusetts, yang berbasis di Pangkalan Garda Nasional Udara Otis di Cape Cod barat. Menurut catatan dinasnya, Teixeira bergabung pada 2019. 

Gelar resminya adalah pekerja harian sistem transportasi siber dan dia memegang pangkat Penerbang Kelas 1 - posisi yang relatif junior. 

Gedung Pentagon, Amerika Serikat.

Photo :
  • U-Report

Dalam pernyataan singkat pada hari Kamis, Jaksa Agung AS, Merrick Garland, mengatakan tersangka ditahan tanpa adanya insiden. Dia juga tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang penyelidikan atau motif kebocoran dokumen tersebut. 

Pada konferensi pers terpisah pada hari sebelumnya, juru bicara departemen pertahanan Brigadir Jenderal Pat Ryder, mengatakan bahwa kebocoran itu adalah tindakan kriminal yang disengaja. 

Ketika ditanya bagaimana seorang penerbang muda memiliki akses ke dokumen pertahanan rahasia, Jenderal Ryder mengatakan bahwa di seluruh militer AS, personel dipercayakan dengan banyak tanggung jawab pada usia yang sangat dini. 

"Pikirkan tentang seorang sersan peleton tempur muda, dan tanggung jawab serta kepercayaan yang kita berikan kepada orang-orang itu untuk memimpin pasukan dalam pertempuran," katanya. 

Eddy Souza, seorang pria berusia 22 tahun yang mengaku bersekolah di SMA bersama Teixeira, mengatakan bahwa dia terkejut mantan teman sekelasnya telah diidentifikasi sebagai tersangka dalam pembocoran tersebut. 

"Dia anak yang baik, bukan pembuat onar, hanya pendiam," kata Souza.  

"Kedengarannya seperti itu adalah kesalahan anak bodoh."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya