Rusia Jadi Penengah di Wilayah Ini di Saat Masih Berperang dengan Ukraina

Peta Nagorno Karabakh (Armenia dan Azerbaijan)
Sumber :
  • Google Maps

VIVA – Belum lama ini Rusia menunjuk salah satu komandan militernya untuk memimpin pasukan penjaga perdamaian di wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan antara Armenia dan Azerbaijan.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

Penjaga perdamaian Rusia dikerahkan pada 2020 untuk mengakhiri perang atas Nagorno-Karabakh, perang kedua yang diperangi Armenia dan Azerbaijan sejak runtuhnya Soviet pada 1991. Wilayah itu diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan, tetapi dihuni oleh mayoritas etnis Armenia.

VIVA Militer: Perang Armenia-Azerbaijan di Nagorno-Karabakh

Photo :
  • SouthFront
Menlu Ukraina sebut Putin ‘Hewan Politik’ yang Bisa Merasakan Rasa Takut

Dilansir dari RFE, Jumat, 28 April 2023, angkatan bersenjata Rusia mengatakan penjaga perdamaian sekarang dipimpin oleh Kolonel Jenderal Alexander Lentsov, wakil panglima angkatan darat Rusia. Dia menggantikan Mayor Jenderal Andrei Volkov, seorang perwira yang lebih junior.

Tidak ada alasan yang diberikan untuk perubahan tersebut, yang diumumkan beberapa jam setelah percakapan telepon antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Armenia telah menyuarakan rasa frustrasi yang makin meningkat karena pasukan Rusia gagal membuka koridor Lachin, satu-satunya jalur darat yang menghubungkannya ke Karabakh melintasi wilayah Azerbaijan.

Media Rusia mengutip seorang juru bicara Armenia pada Selasa yang mengatakan bahwa negara tersebut telah mengajukan banding ke Mahkamah Internasional atas pemasangan pos pemeriksaan Azerbaijan di jalan raya pada hari Minggu, menyebutnya sebagai "pelanggaran mencolok" terhadap kewajiban Baku untuk memastikan pergerakan bebas.

Wakil Menteri Luar Negeri Azerbaijan Elnur Mammadov mengatakan pos pemeriksaan itu didirikan sebagai tanggapan atas "masalah keamanan sehubungan dengan penyalahgunaan jalan oleh Armenia yang terus berlanjut untuk pengangkutan senjata dan kegiatan ilegal lainnya".

"Kami terus berhubungan dekat dengan ICRC (Komite Internasional Palang Merah) dan kontingen penjaga perdamaian Rusia untuk memfasilitasi akses kemanusiaan terbaik," katanya.

Peta Nagorno Karabakh (Armenia dan Azerbaijan)

Photo :
  • Google Maps

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa pihaknya mengadakan pembicaraan dengan Armenia, sebagai salah satu sekutu dalam Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), tentang perlunya meredakan ketegangan dengan Azerbaijan atas wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Galuzin bertemu dengan dua Wakil Menteri Luar Negeri Armenia dan mendesak mereka untuk mengintensifkan upaya normalisasi situasi di wilayah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya