China Jatuhi Pria AS Berusia 78 Tahun Penjara Seumur Hidup, Dituduh Sebagai Mata-mata

Bendera Amerika Serikat (AS) dan China.
Sumber :
  • ANTARA/Xinhua.

VIVA Dunia – China akhirnya menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada seorang warga negara Amerika Serikat berusia 78 tahun pada hari Senin, 15 Mei 2023 atas tuduhan mata-mata.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

John Shing-Wan Leung, yang memiliki izin tinggal tetap di Hong Kong, ditahan pada 15 April 2021, oleh badan kontra-intelijen di kota tenggara Suzhou. Pengadilan menengah kota mengumumkan hukuman Leung dalam pernyataan singkat di situs media sosialnya tetapi tidak memberikan rincian dakwaan, melansir New York Post.

Investigasi dan persidangan semacam itu diadakan secara tertutup dan sedikit, atau tidak ada informasi yang dipublikasikan. 

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Pertemuan bilateral Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping di KTT G20 Bali, Indonesia.

Photo :
  • AP Photo/Alex Brandon

Hubungan antara Washington dan Beijing telah mencapai titik terendah dalam sejarah di tengah perselisihan perdagangan, teknologi, hak asasi manusia, dan pendekatan China yang semakin agresif terhadap klaim teritorialnya.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Hukuman dijatuhkan ketika Presiden AS Joe Biden melakukan perjalanan ke Hiroshima, Jepang, untuk KTT negara-negara industri utama Kelompok Tujuh, diikuti dengan kunjungan ke Papua Nugini, sebuah negara pulau Pasifik di wilayah di mana China juga berusaha meningkatkan  kerjasama ekonomi, pengaruh militer dan diplomatik.

Sementara pengadilan Suzhou tidak memberikan indikasi adanya hubungan dengan keseluruhan hubungan China-AS, tuduhan mata-mata sangat selektif dan bukti yang mendukungnya tidak dirilis. Itu adalah praktik standar di sebagian besar negara, yang ingin mengamankan koneksi, jaringan, dan akses pribadi mereka ke informasi.

Namun, sistem politik otoriter China dan kontrol mutlak Partai Komunis yang berkuasa atas masalah hukum, masyarakat sipil, dan kebebasan informasi mencegah tuntutan untuk informasi lebih lanjut, serta banding ke pengadilan.

Sebelumnya, pada pekan lalu, seorang pria asal Boston juga telah ditangkap dan dituduh oleh pihak AS bertindak sebagai mata-mata pemerintah China selama bertahun-tahun dengan memberikan informasi tentang pembangkang pro-demokrasi setempat, kata jaksa federal.

Bendera Amerika Serikat (AS) dan China.

Photo :
  • ANTARA/Xinhua.

Antara sekitar 2018 dan 2022, Litang Liang yang berusia 63 tahun diduga bekerja dengan pejabat China untuk memata-matai para pembangkang di wilayah Boston, kata Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik Massachusetts dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Jaksa mengatakan Liang, yang digambarkan dalam surat dakwaan sebagai warga negara AS yang tinggal di lingkungan Brighton Boston, mengorganisir protes tandingan terhadap pembangkang pro-demokrasi dan memberikan "foto dan informasi tentang pembangkang" kepada pejabat pemerintah China.

Liang didakwa atas satu dakwaan bertindak sebagai agen pemerintah asing tanpa memberi tahu Jaksa Agung AS dan satu dakwaan konspirasi untuk bertindak sebagai agen pemerintah asing tanpa memberi tahu Jaksa Agung AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya