'Disease X', Nama Penyakit Baru yang Diyakini WHO Akan Sebabkan Pandemi Berikutnya

Ilustrasi COVID-19/virus corona
Sumber :
  • Freepik

VIVA Dunia – Organisasi Kesehatan Dunia sudah menyimpan daftar pendek “penyakit prioritas” yang dapat menyebabkan pandemi mematikan berikutnya.

Penyakit Kronis Jangan Diabaikan, Ini Gejala Meningitis yang Bisa Terjadi pada Jemaah Haji dan Umrah

“Sebagian besar penyakit sudah kita ketahui, Ebola, SARS, dan Zika, tetapi entri terakhir memiliki nama yang menakutkan, yaitu “Disease X” atau "Penyakit X",” pernyataan WHO, melansir New York Post, Kamis 25 Mei 2023.

Istilah Penyakit X digunakan oleh WHO sebagai pengganti untuk menggambarkan penyakit yang tidak diketahui ilmu kedokteran sebagai penyebab infeksi pada manusia. Sebagai agen penyakit baru, baik itu virus, bakteri, jamur, atau agen lainnya, kemungkinan besar tidak akan ada vaksin atau sedikit, jika ada, pengobatan yang tersedia.

Riwayat Penyakit Dorman Borisman, Sudah 5 Tahun Keluar Masuk RS

Logo WHO.

Photo :
  • WHO

“Ini bukan fiksi ilmiah,” ujar Dr. Richard Hatchett, dari Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi.“Ini adalah skenario yang harus kita persiapkan. Ini Penyakit X,” lanjutnya.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

WHO menciptakan istilah Penyakit X pada tahun 2018. Satu tahun kemudian, ketika COVID-19 mulai menyebar ke seluruh China, dunia menyaksikan pandemi mematikan yang disebabkan oleh virus baru.

Penyakit X, siap tak siap, telah muncul.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia membuat pidato peringatan tentang pandemi berikutnya. “Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa ada potensi kejadian Penyakit X sudah dekat,” ujar Dr. Pranab Chatterjee, peneliti di Departemen Kesehatan Internasional di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg di Baltimore.

“Serangkaian kasus flu burung H5N1 baru-baru ini di Kamboja hanyalah contoh kasusnya,” tambah Chatterjee.

Beberapa ahli kesehatan masyarakat percaya Penyakit X berikutnya akan bersifat zoonosis, artinya berasal dari hewan liar atau hewan peliharaan, kemudian menular ke manusia. Ebola, HIV/AIDS dan COVID-19 adalah wabah zoonosis.

Namun, ada sumber penyakit lain dan bioterorisme bisa menjadi penyebab pandemi berikutnya. “Kemungkinan patogen pandemi yang direkayasa juga tidak dapat diabaikan,” kata penulis artikel tahun 2021 di jurnal Pengendalian Infeksi & Epidemiologi Rumah Sakit.

“Pelepasan patogen semacam itu, baik melalui kecelakaan laboratorium atau sebagai tindakan bioterorisme, juga dapat menyebabkan bencana Penyakit X dan telah dianggap sebagai risiko bencana global,” tambah penulis.

Sumber lain yang mungkin adalah virus "zombie" yang telah terkunci di permafrost atau lanskap beku lainnya selama berabad-abad, tetapi dilepaskan oleh iklim yang menghangat.

Ilustrasi COVID-19/virus corona.

Photo :
  • Pixabay/mattthewafflecat

Penyakit prioritas lain dalam daftar WHO termasuk virus Marburg, demam berdarah Krimea-Kongo, demam Lassa, penyakit Nipah dan henipaviral, demam Lembah Rift, dan sindrom pernapasan Timur Tengah.

Untuk mencegah dan memerangi wabah Penyakit X, para ahli medis di seluruh dunia menyerukan peningkatan dana untuk mendukung pengawasan, dan penelitian, agen pandemi potensial

“Pandemi COVID-19 bukanlah yang pertama mendatangkan malapetaka di dunia dan tidak akan menjadi yang terakhir,” tulis penulis artikel Pengendalian Infeksi & Epidemiologi Rumah Sakit. “Jadi, kita perlu bersiap untuk wabah berikutnya secepat mungkin.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya