Hujan Diperkirakan Guyur Kota Mekkah saat Puncak Ibadah Haji

Kawasan Mina Arab Saudi diguyur hujan lebat
Sumber :
  • Istimewa

Mekkah – Pusat Meteorologi Nasional (NCM) mengungkapkan bahwa wilayah Mekkah dan tempat-tempat suci akan mengalami suhu tinggi dengan perkiraan turun hujan selama puncak ibadah haji yang akan dimulai pada hari Senin.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dilansir SaudiGazette, menurut NCM, cuaca Mekkah pada bulan Zulhijah relatif kering dan panas pada siang hari dan cenderung sedang pada malam hari, karena data cuaca mencatat rata-rata suhu maksimum 43,6 derajat Celcius dan suhu minimum 29,6 derajat Celcius dan curah hujan rata-rata adalah 0,1 milimeter. Sedangkan kelembaban relatif rata-rata diperkirakan 32 persen. 

Kecepatan angin rata-rata antara 4-10 km/jam dengan arah utara-barat laut, sementara angin berdebu terkadang aktif dengan penurunan jarak pandang horizontal.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Suhu permukaan rata-rata akan meningkat satu derajat selama paruh pertama bulan itu dan satu setengah derajat di sisa hari bulan itu, dan curah hujan lebih tinggi dari tingkat normalnya selama paruh pertama bulan itu dan berlanjut di rata-rata  dalam periode yang tersisa.

Hujan di Arafah, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Photo :
  • VIVA/Dedi Priatmojo
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

NCM menyatakan bahwa cuaca Madinah dianggap panas dan kering pada siang hari dan cenderung sedang pada malam hari, karena data iklim mencatat suhu maksimum rata-rata 43 derajat Celcius, dan suhu minimum rata-rata 29,3 derajat Celcius, sedangkan suhu rata-rata minimum 29,3 derajat Celcius. curah hujan rata-rata adalah 0,7 mm dan kelembaban relatif rata-rata adalah 12 persen. 

Kecepatan angin 12 km/jam dengan arah barat hingga barat laut, dengan aktivitas angin yang menimbulkan debu dan penurunan jarak pandang horizontal.

NCM juga menunjukkan dalam laporannya, bahwa suhu tertinggi yang tercatat selama periode ini di Mekkah adalah 51 °C pada 30 Juni 2014, suhu terendah adalah 21,5 °C pada 27 Juni 2014. Sedangkan curah hujan harian tertinggi adalah 1,6 mm pada tanggal 17 Juli 2010, dan kecepatan angin tertinggi 48 km arah timur pada tanggal 21 Juni 2019.

Pusat menambahkan bahwa di Madinah, suhu tertinggi yang tercatat selama periode ini adalah 48,4 °C pada 13 Juli 201. Sedangkan suhu terendah 22,5 °C pada 15 Juli 2010, curah hujan harian tertinggi adalah 19,7 mm pada 15 Juli 2010, dan kecepatan angin tertinggi 83 km/jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya