Kesal! Adik Kim Jong Un Ancam Tembak Jatuh Pesawat Mata-mata AS

Kim Yo-jong, adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un
Sumber :
  • Yonhap

Pyongyang – Adik dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang kuat, Kim Yo Jong, menuduh bahwa pesawat mata-mata Amerika Serikat telah memasuki zona ekonomi eksklusif Korea Utara sebanyak delapan kali. Dia mengklaim "serangan ilegal" oleh pesawat Angkatan Udara AS terjadi di atas lautan 435 km, tepatnya di timur Thongchon di Provinsi Kangwon.

Rupiah Anjlok Bikin Harga Moge Harley-Davidson Meroket

Kim memperingatkan dan mengancam bahwa AS akan "mengalami penerbangan yang sangat kritis" jika dilanjutkan dengan dugaan serangan, menurut kantor berita KCNA yang dikelola negara.

Militer Korea Selatan mengatakan sebelumnya bahwa pesawat itu melakukan penerbangan "normal" di atas laut lepas.

TNI AL, US Navy dan USMC Gelar Latihan Militer Bersama CARAT 2024 di Lampung

VIVA Militer: Pesawat mata-mata militer amerika serikat.

Photo :

Kim juga mengatakan Seoul harus menahan diri untuk tidak ikut campur dalam apa yang dia anggap sebagai perselisihan antara Korea Utara dan AS.

Zalim, Inggris Bersikeras Takkan Setop Suplai Senjata ke Israel

Korea Utara mengatakan akan menembak jatuh penerbangan pengawasan semacam itu dalam beberapa keadaan, namun mengklaim bahwa pihaknya saat ini sedang menahan diri.

Pyongyang juga mengecam apa yang dikatakannya sebagai langkah AS untuk mengerahkan kapal selam rudal nuklir di dekat semenanjung Korea.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Korut mengatakan tindakan militer "provokatif" yang dilakukan oleh AS "beberapa kali" membawa semenanjung Korea lebih dekat ke konflik nuklir.

"Tidak ada jaminan bahwa kecelakaan mengejutkan seperti jatuhnya pesawat pengintai strategis Angkatan Udara AS tidak akan terjadi di Laut Timur Korea," tambah juru bicara itu dalam pernyataan yang dikutip oleh kantor berita resmi KCNA.

Tidak ada tanggapan segera dari militer AS, sementara Korea Selatan menolak klaim pelanggaran wilayah udara Korea Utara sebagai salah. Dikatakan AS melakukan penerbangan pengintaian rutin di sekitar semenanjung.

Dalam kesempatan sama. Korut juga mengutuk rencana AS untuk mengerahkan aset nuklir strategis di sekitar semenanjung Korea.

Pyongyang menyebut ini "pemerasan nuklir yang paling tidak terselubung" terhadap Korea Utara, dengan alasan hal itu merupakan ancaman serius bagi perdamaian dan keamanan di wilayah mereka.

Korea Utara telah menghabiskan bertahun-tahun mengembangkan dan menguji senjata nuklir yang melanggar perjanjian dan sanksi internasional.

Pada bulan April, AS mengumumkan rencananya untuk mengirim kapal selam rudal balistik bersenjata nuklir Angkatan Laut AS ke pelabuhan Korea Selatan untuk pertama kalinya sejak 1980-an. Namun, kapan waktu pastinya belum diumumkan.

Kim Yo-jong adik Kim Jong-un saat berpidato

Photo :
  • Video Sky News

"Apakah situasi ekstrem, yang diinginkan oleh siapa pun, tercipta atau tidak di semenanjung Korea tergantung pada tindakan AS di masa depan, dan jika situasi tiba-tiba terjadi, AS akan dimintai pertanggungjawaban sepenuhnya untuk itu," kata KCNA.

Pyongyang mengutip insiden masa lalu yang melibatkan atau menembak jatuh pesawat AS, dan memperingatkan AS akan membayar untuk spionase udara yang "dipentaskan dengan panik".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya