Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

Ilustrasi kucing (foto/pixabay))
Sumber :
  • vstory

Siprus – Virus Corona dikabarkan telah menewaskan lebih dari 300.000 kucing di pulau Siprus, dan dapat menyebabkan kematian lebih banyak lagi jika virus mencapai Inggris.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Baik kucing liar maupun domestik telah meninggal oleh peritonitis menular kucing (FIP), jenis virus corona, sejak Januari. Virus ini tidak menimbulkan ancaman bagi manusia tetapi bisa berakibat fatal bagi kucing, jika tidak ditangani dengan cepat, melansir Daily Mail.

Kucing adalah hewan umum yang mudah ditemukan di Siprus, yang mana juga dikenal sebagai 'pulau kucing', dan merupakan rumah bagi bukti awal domestikasi hewan tersebut.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Ilustrasi kucing berbulu putih atau kucing putih.

Photo :
  • Pexels

Banyak kucing di pulau Mediterania timur yang tersesat, dan tidak jarang mereka berkeliaran di kebun orang, duduk di restoran, dan berkeliaran di dekat tempat sampah.

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Jumlah kucing yang mati akibat wabah tersebut dikatakan jauh lebih tinggi daripada 107 kasus FIP yang dilaporkan secara resmi oleh kementerian pertanian di bagian selatan pulau tersebut.

Kucing peliharaan telah dikarantina di klinik dalam upaya untuk memperlambat penyebaran virus, sementara para sukarelawan dan dokter hewan berusaha merawat hewan yang menunjukkan gejala. Beberapa orang yang sering memberi makan hewan liar telah melihat penurunan jumlah kucing di pulau itu, bahkan ada yang menemukan mayat-mayat kucing di jalanan.

Dinos Agiomamitis, Kepala Kucing PAWS Siprus dan wakil presiden Suara Siprus untuk Hewan menyatakan bahwa 300.000 kucing telah mati sejak Januari.

Dia memperkirakan sepertiga dari kucing yang tinggal di selatan pulau telah mati akibat virus tersebut, dengan gejala termasuk demam, pembengkakan perut, kelemahan dan agresivitas.

Dia menambahkan bagian dari tantangan seputar pendokumentasian kasus adalah, dengan begitu banyak hewan liar di pulau pecinta kucing, hampir tidak mungkin mendiagnosis dan menghitung setiap infeksi.

Dr Demetris Epaminondas, wakil presiden Asosiasi Dokter Hewan Pancyprian, menambahkan bahwa: “Dokter hewan setempat telah melaporkan peningkatan yang mengkhawatirkan dalam kasus FIP, yang dimulai di ibu kota Nicosia pada bulan Januari dan menyebar ke seluruh pulau dalam waktu tiga hingga empat bulan,”

Dalam sebuah posting blog, dia menambahkan bahwa ini adalah 'wabah terbesar pertama yang pernah dilaporkan. Wabah kedua juga diduga mempengaruhi populasi kucing di sekitar Lebanon, Israel dan Turki.

Demetris Epaminondas, wakil presiden Asosiasi Dokter Hewan Pancyprian, mengatakan “satu-satunya cara untuk menghentikan penyakit ini adalah dengan perawatan medis”.

Dua pilihan pengobatan tengah dipertimbangkan, obat yang disebut remdesivir, digunakan untuk Covid-19 dan terkait erat dengan GS-441524, dan molnupiravir, obat antivirus yang digunakan untuk mengobati penyakit pada manusia.

Siprus

Photo :
  • facebook.com/LoveCyprus

Remdesivir disetujui untuk digunakan pada hewan di Inggris dan untuk diimpor ke Siprus tetapi biayanya, antara £2.500 dan £6.000 untuk seekor kucing dengan berat antara 3kg dan 4kg, membuat pemerintah mempertimbangkan pilihan kedua.

Diperkirakan molnupiravir akan menelan biaya sekitar £170 per hewan, tetapi permohonan oleh asosiasi dokter hewan untuk mengesahkan penggunaannya pada kucing ditolak pada bulan Mei, karena pemerintah berpendapat bahwa obat manusia tidak dapat diimpor ke negara tersebut untuk perawatan hewan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya