Kim Yo-jong Minta AS Hentikan 'Aksi Bodoh' yang Dapat Bahayakan Keamanan

Kim Yo-jong adik Kim Jong-un saat berpidato
Sumber :
  • Video Sky News

Seoul – Kim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, pada Senin 17 Juli 2023, mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) harus menghindari apa yang ia sebut sebagai "tindakan bodoh" yang dapat membahayakan keamanannya, lapor media pemerintah KCNA.

Kim menyampaikan komentarnya setelah Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan AS tetap khawatir bahwa Korut akan melanjutkan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) lainnya, setelah mereka pekan lalu menembakkan ICBM di lepas pantai timur.

"AS harus menghentikan tindakan bodoh yang dapat membahayakan keamanannya dengan memprovokasi kami," kata Kim.

Truk Tabrak Mobil Bak Terbuka di Sukabumi, Tewaskan Anggota KNPI

Kim Yo-jong, adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un

Photo :
  • Yonhap


Dia menolak seruan AS untuk melakukan pembicaraan tanpa syarat dan mengatakan AS salah jika meyakini kemungkinan perlucutan senjata Korut terjadi.

"AS sedang berdelusi jika percaya bahwa mereka bisa menghentikan kemajuan kami dan mencapai perlucutan senjata yang tidak dapat diubah dengan menghentikan dengan sementara latihan militer bersama, pengerahan aset strategis atau melonggarkan sanksi," kata Kim.

Korut dalam beberapa hari terakhir menuduh pesawat mata-mata Amerika terbang di atas zona ekonomi eksklusif mereka, mengecam kunjungan terbaru kapal selam rudal jelajah bertenaga nuklir Amerika ke Korea Selatan, dan bersumpah akan mengambil langkah-langkah sebagai reaksi. (Ant/Antara)

Alasan Nasdem Lirik Ustaz Das'ad Latif Masuk Bursa Pilwalkot Makassar
Gunung Ruang Sitaro Kembali Meletus dengan Naik ke Status Awas.

7 Bandara Ditutup Sementara Akibat Erupsi Gunung Ruang

AirNav Indonesia mengeluarkan Notice to Airmen (NOTAM) atau informasi penerbangan terkait penutupan sementara tujuh bandara di sekitar Sulawesi imbas erupsi Gunung Ruang.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024