Irak Ancam Putus Hubungan Diplomatik dengan Swedia jika Al Quran Dibakar Lagi

Ilustrasi Al-quran.
Sumber :
  • Pixabay.

Baghdad – Irak mengancam akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Swedia jika kasus penistaan Al Quran terjadi lagi di sana.

"Pemerintah Irak sudah memberitahu pemerintah Swedia melalui jalur diplomatik bahwa terulangnya insiden pembakaran kitab suci Al Quran di tanah Swedia akan membuah hubungan diplomatik kedua negara terputus," kata kantor Perdana Menteri Irak, Mohammed Shia Al Sudani, lewat Twitter, Kamis 20 Juli 2023.

Alasan Pria Bunuh Waria di Sukabumi, Tolak Hubungan Sesama Jenis

Fakta-fakta Pembakaran Al-quran di Swedia

Photo :
  • stockholmcf.org


Pernyataan itu disampaikan  setelah pada Kamis pagi waktu setempat demonstran Irak menyerbu Kedutaan Besar Swedia di Baghdad dan kemudian membakarnya untuk membalas pembakaran Al Quran di Swedia.

Aksi para pengikut ulama Syiah Muqtada al-Sadr itu terjadi setelah Salwan Momika yang dikawal polisi membakar salinan Al Quran di depan Mesjid Stockholm di Swedia bulan lalu yang dikecam negara-negara Islam.

Kementerian Luar Negeri Swedia mengecam serangan terhadap kedutaan besarnya di Baghdad dengan  menyebutnya sebagai "pelanggaran serius" terhadap Konvensi Wina. (Ant/Antara)

Strategi Irjen Sandi dan Anak Buah Sukseskan World Water Forum di Bali
Universitas Indonesia

UI Raih Peringkat Pertama Kampus Terbaik Indonesia Versi THE Asia University Rankings 2024

Keberhasilan UI ini diperkuat dengan keberadaannya sebagai satu-satunya dari 33 universitas di Indonesia yang menembus 20 besar universitas terbaik di Asia Tenggara.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024