Demonstrasi Militer di Rusia, Pasukan Khusus Vladimir Putin Lepaskan Tembakan ke Kerumunan

VIVA Militer: Pasukan Garda Nasional Rusia (Rosgvardia)
Sumber :
  • themoscowtimes.com

Moskow – Sebuah video beredar di media sosial, yang menunjukkan anggota pasukan keamanan internal Presiden Vladimir Putin melepaskan tembakan ke arah kerumunan di wilayah Moskow, saat pertunjukan demonstrasi berlangsung. Aksi tersebut dilaporkan melukai seorang anak. 

Vladimir Putin Starts New Six-Year Term as Russian President

Saluran Telegram VChK-OGPU, yang memiliki hubungan dekat dengan pasukan keamanan Rusia, menerbitkan video pada hari Minggu, 20 Agustus 2023 tentang insiden di kota Elektrostal. 

Video itu lantas menunjukkan anggota Rosgvardia, Garda Nasional, yang terpisah dari angkatan bersenjata Rusia, melapor langsung kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Presiden Vladimir Putin Dapat Mobil Baru Super Canggih

VIVA Militer: Pasukan Garda Nasional Rusia (Rosgvardia) di Ukraina

Photo :
  • cyprus-mail.com

"Selama pertunjukan demonstrasi, para pejuang Garda Rusia memutuskan untuk menembak penonton yang membawa anak-anak (untungnya, dengan peluru kosong). Anak-anak kecil berteriak sambil memegangi kepala mereka dan jatuh ke tanah. Ada yang terluka. Kerusakan serius akibat peluru yang terpental," kata saluran itu, dikutip dari Newsweek, Selasa, 22 Agustus 2023. 

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Saluran 24 Kanal TV Ukraina juga mengatakan bahwa Garda Nasional mengarahkan senjata mereka ke penonton, termasuk banyak anak-anak. 

Seorang wanita berusia 34 tahun dilaporkan terluka di pipi dan rahangnya, sementara seorang anak dirawat di rumah sakit karena cedera kepala. Investigasi telah diluncurkan atas insiden tersebut oleh Komite Investigasi Rusia. 

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan dalam laporan intelijen awal bulan ini bahwa Putin mempersenjatai Garda Nasional dengan persenjataan berat, menyusul kegagalan pemberontakan yang dipimpin oleh ketua Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin pada 24 Juni, di mana ia bergerak menuju Moskow. 

Sebagai bagian dari deklarasi yang ditandatangani oleh Putin pada tanggal 4 Agustus, Rosgvardia akan menerima persenjataan yang dapat mencakup pasokan artileri dan helikopter serang. 

Dengan melengkapinya dengan persenjataan berat, Kremlin dapat menggandakan sumber daya Rosgvardia sebagai salah satu organisasi kunci untuk menjamin keamanan rezim. 

Rusia membentuk Garda Nasionalnya, atau Rosgvardia, pada tahun 2016. Tentara Garda Nasional banyak digunakan di Ukraina selama invasi skala penuh, yang diluncurkan Februari lalu, dan banyak yang telah dipecat karena menolak berperang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya