Fakta-fakta Pemujaan Patung Dewa Kekayaan, Asal Usul Masih Misterius

Patung Kru Kai Kaew yang memicu kontroversi
Sumber :
  • Thai PBS World

VIVA Dunia – Sebuah patung yang diyakini sebagai patung “Dewa Kekayaan” di Bangkok mencuri perhatian, bahkan hingga ke negara tetangga.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Bagaimana tidak, patung yang dianggap jelmaan dewa tersebut berperawakan seram dan banyak warga yang memprotes agar pemilik dan pihak berwajib menurunkan patung yang terletak di salah satu jalanan sibuk di Bangkok tersebut.

Berikut faktanya, dihimpun dari berbagai sumber.

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Dewa Kekayaan

Patung Kru Kai Kaew di Bangkok yang memicu kontroversi

Photo :
  • Thaiger
Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Patung tersebut bernama Kru Kai Kaew yang memiliki tinggi kurang lebih lima meter. Meski dinamakan Dewa Kekayaan, Kru Kai Kaew tampak berbeda dari patung-patung yang biasa terlihat di kuil di Thailand.

Ibu kota Thailand memang terkenal memiliki kuil yang tak terhitung jumlahnya untuk persembahan bagi roh dan dewa, besar dan kecil, dan banyak yang berdoa dan meninggalkan persembahan dengan keyakinan bahwa mereka akan campur tangan dan membawa keberuntungan.

Namun Kru Kai Kaew tampak menakutkan, dengan perawakan berwarna hitam pekat, taring di gigi, mata dan kuku berwarna merah menyala, dan tubuh yang kurus. Patung tersebut terlihat duduk bersila dengan sebuah selendang berwarna emas melekat di kedua pundaknya. Menambahkan kesan seram, terdapat dua sayap besar di kedua punggungnya.

Terletak di sebuah hotel milik swasta

Patung besar berwarna hitam tersebut berada di sebuah hotel milik swasta bernama Bazaar Hotel di Bangkok, Thailand. Namun, Hotel Bazaar, mengatakan bahwa pihak mereka tidak memasang patung itu, dan pihak lain telah menyewa tanah dan memasangnya.

Patung itu dibangun oleh sebuah pabrik di Nakhon Pathom sebelah barat Bangkok dan sempat menjadi viral ketika terjebak di bawah jembatan selama perjalanannya ke Bangkok.

Mengundang kontroversi

Banyak warga yang menganggap patung dewa tersebut asing bagi agama Buddha dan bahkan dianggap tidak sopan, hingga menimbulkan kontroversi. Ada seruan agar patung yang dipasang pada 9 Agustus 2023 lalu diresmikan dengan upacara sembahyang, segera dipindahkan atau dibuang karena bentuknya yang menyeramkan dan banyak dianggap sebagai dewa “sesat”.

“Bila Anda menyembah sesuatu, itu harus datang dari kepercayaan agama Buddha,” kata Dewan Seniman untuk Promosi Agama Buddha Thailand, salah satu pihak yang meminta hotel untuk memindahkan patung tersebut, mengutip South China Morning Post. 

Gubernur Bangkok Chadchart Sittipunt pun memerintahkan penyelidikan terhadap patung tersebut. Namun, karena berada di tanah pribadi hotel, hanya sedikit yang dapat dilakukan pihak berwenang. Tetapi seorang pejabat kota mengatakan mereka telah menyarankan hotel "mungkin mencoba menutupi patung itu dengan sesuatu agar tidak menakut-nakuti orang".

Asal usul belum jelas

Pakar agama Buddha, Sinchai Chaojaroenrat berkata bahwa asal-usul Kru Kai Kaew agak tidak jelas, “Patung itu merupakan kepercayaan cerita rakyat. Beberapa orang mengira itu dukun, beberapa orang percaya itu adalah guru dari mantan raja di Khmer (Kamboja),” jelas Sinchai.

Hingga kini, asal-usul Kru Kai Kaew tetap diselimuti misteri. Sebuah laporan di Amarin TV menelusuri awalnya ke perjalanan meditasi biksu Thailand di Angkor Wat Kamboja, di mana dia mengklaim telah bertemu dengan jiwa Kru Kai Kaew.

Membuat patung untuk menggambarkan jiwa ini, biksu itu menyerahkannya kepada orang Thailand lainnya, Suchart Rattnasuk. Suchart, yang diilhami oleh imajinasinya, memberi bentuk pada dewa, bentuk yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Terlepas dari narasi ini, sejarawan tetap skeptis tentang ikatan sejarah sosok itu terhadap dewa, mempertanyakan perannya sebagai mentor potensial Raja Jayawarman VII dari Kerajaan Khmer. Pengamatan catatan sejarah tidak menyebutkan Kru Kai Kaew dalam catatan sejarah Kekaisaran Khmer, meninggalkan masa lalunya yang diselimuti ketidakpastian.

Sempat diisukan memberi persembahan anjing hidup

The Nation, sebuah surat kabar lokal, melaporkan klaim dari kelompok konservatif bahwa sebuah kelompok pemuja merencanakan ritual “tidak biasa” di patung itu bahkan pengorbanan hewan.

Beberapa saran dalam kelompok ini mendesak para anggota untuk melipatgandakan persembahan pengorbanan mereka dalam upaya untuk meningkatkan kesuksesan. Yang memprihatinkan, salah satu postingan bahkan menyarankan untuk melakukan pengorbanan saat hewan itu masih hidup, tepat di depan patung dewa, untuk mewujudkan keinginan mereka.

Kontroversi tersebut mendorong anggota kultus untuk mempertahankan keyakinan mereka, dengan menyatakan bahwa praktik semacam itu adalah kampanye kotor yang dirancang untuk menodai citra Kru Kai Kaew.

Patung Kru Kai Kaew di Bangkok yang memicu kontroversi

Photo :
  • Thai PBS World

Kelompok pecinta hewan, yang khawatir dengan pengungkapan tersebut, mendorong Watchdog Thailand Foundation untuk menyelidiki masalah tersebut. Namun, sebagian besar keterlibatan online tampaknya berasal dari akun yang tidak dapat diidentifikasi dan palsu.

Meski menjadi kontroversi di seluruh negeri, beberapa orang mengklaim telah memenangkan lotere setelah memberikan persembahan, meskipun para penyembah menyuarakan skeptisisme.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya