Indonesia hingga Singapura Desak India Lanjutkan Ekspor Beras

Ilustrasi Ekspor Beras
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

New DelhiSingapura, Indonesia, dan Filipina menyerukan kepada India untuk melanjutkan ekspor beras, menyusul keputusan New Delhi untuk menangguhkan pengiriman beras putih non-basmati ke luar negeri. Halntersebut dilakukan India untuk membantu menurunkan harga beras di negara itu. 

Knowing the World's Largest Lift: Can Accommodate 235 People Per Trip

Singapura telah meminta sekitar 110.000 ton beras dari India, namun India tidak bermaksud mengimpor satu juta ton beras untuk mengurangi gangguan di pasar makanan yang disebabkan oleh cuaca buruk. 

Menurut surat kabar Mint Filipina juga sangat bergantung pada pasokan beras dari India. 

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Ekspor Beras Ke Korsel

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Negara dan organisasi lain, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Bangladesh, telah meningkatkan permintaan beras dari India, kata laporan itu. 

Deretan negara Ini Ternyata Miliki Jumlah Janda Terbanyak di Dunia

Program Pangan Dunia PBB juga baru-baru ini meminta 200.000 ton beras kepada pemasok India untuk bantuan kemanusiaan guna meningkatkan ketahanan pangan global yang secara signifikan dirugikan oleh pandemi COVID-19 serta konflik Ukraina. 

Senentara itu, Bangladesh juga sedang dalam pembicaraan dengan India mengenai persediaan makanan. 

Pada 20 Juli lalu, pemerintah India mengumumkan penangguhan ekspor beras putih non-basmati untuk meningkatkan pasokan domestik dan menjaga harga pasar. 

Langkah tersebut menyebabkan gangguan besar pada pasar pangan global karena India menyumbang 40 persen dari ekspor beras dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya