Kelompok LGBT Semakin Ditekan di Malaysia Sejak Pemerintahan Anwar Ibrahim

bendera LGBT
Sumber :
  • vstory

VIVA Dunia – LGBTQ semakin ditekan di Malaysia. Kelompok Queer di Malaysia dan kelompok hak asasi mengatakan bahwa komunitas LGBTQ menghadapi pengawasan dan diskriminasi yang semakin meningkat di bawah pemerintahan Perdana Menteri Anwar Ibrahim, meskipun pemimpin oposisi lama itu memiliki reputasi sebagai reformis progresif.

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Dilansir dari laman CNA, Senin, 21 Agustus 2023, analis mengatakan Anwar, yang menjabat sebagai Perdana Menteri, setelah pemilihan umum November lalu, berada di bawah tekanan untuk meningkatkan kepercayaan Islamnya di antara mayoritas Muslim dalam menghadapi oposisi ultra-konservatif yang semakin populer yang terus mendapatkan lebih banyak landasan politik sejak pemungutan suara.

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim

Photo :
  • Dok Anwar Ibrahim
Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Blok oposisi Malaysia termasuk partai Islam PAS, yang mempromosikan interpretasi ketat hukum syariah dan menentang hak-hak LGBTQ. Partai tersebut memegang kursi paling banyak di parlemen untuk pertama kalinya, dan perolehannya dalam pemilihan umum di negara bagian yang dilangsungkan bulan ini, memperkuat pengaruh politiknya.

Seorang anggota parlemen PAS baru-baru ini mengatakan kelompok LGBTQ harus diklasifikasikan sebagai "sakit jiwa". Pemimpin PAS lainnya mendesak pemerintah untuk membatalkan konser Coldplay karena band tersebut mendukung hak-hak queer.

Dominica Court Lifts Same-sex Relationship Ban

"Anwar tidak merasa stabil secara politik, jadi dia harus lebih Islami dari pihak lain," kata James Chin, seorang analis politik di University of Tasmania di Australia.

Sodomi adalah kejahatan di Malaysia, yang juga memiliki hukum syariah Islam yang melarang hubungan sesama jenis dan berpakaian silang per-gender. Negara multi-etnis, multi-agama ini memiliki sistem hukum jalur ganda, yang mana hukum Islam untuk umat Islam berjalan berdampingan dengan hukum sipil.

Sementara Anwar tidak pernah menyatakan dukungan untuk komunitas LGBTQ, para aktivis mengatakan mereka mengharapkan dia untuk menunjukkan lebih banyak toleransi saat dia mengadvokasi masyarakat inklusif selama 25 tahun menjadi oposisi.

"Ada harapan ketika Anwar berkuasa bahwa agenda reformasi akan meresap sampai batas tertentu," kata Dhia Rezki Rohaizad, wakil presiden JEJAKA, sebuah organisasi yang mendukung laki-laki gay, biseksual dan queer.

"Sangat mengecewakan bahwa hal itu tidak terjadi. Paling tidak, kami berharap mereka membiarkan kami sendirian, tidak secara aktif menganiaya kami,” harapnya.

Anwar bersumpah tahun ini bahwa Malaysia tidak akan pernah mengakui hak LGBTQ.

Pemerintahannya telah melarang buku-buku untuk "mempromosikan gaya hidup LGBT", menahan para demonstran yang menyatakan dukungan untuk hak-hak queer dan menyita jam tangan bertema Pride yang dibuat oleh pembuat jam Swiss Swatch.

Bulan lalu, pihak berwenang menghentikan festival musik, setelah pentolan band pop Inggris The 1975 mencium seorang rekan band laki-lakinya di atas panggung dan mengkritik undang-undang anti-LGBTQ Malaysia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya