Momen Membanggakan Saat Narendra Modi Menyaksikan Peluncuran Roket India ke Bulan

PM India Narendra Modi Menyaksikan Peluncuran Roket India ke Bulan
Sumber :
  • Express

New Delhi – Momen membanggakan berhasil diabadikan saat Perdana Menteri India, Narendra Modi, menyaksikan peluncuran roket pertama negaranya ke bulan. India berhasil menjadi negara pertama yang mendaratkan roket di kutub selatan bulan, yang belum banyak diketahui orang. 

Knowing the World's Largest Lift: Can Accommodate 235 People Per Trip

Chandrayaan-3, yang berarti "pesawat bulan" dalam bahasa Sansekerta, mendarat satu menit lebih awal dari yang diperkirakan, pada pukul 13.33 waktu India. 

Dilansir dari Express, Kamis, 24 Agustus 2023, keberhasilan tersebut diumumkan oleh seorang ilmuwan di Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO), yang menyatakan bahwa roket India berada di bulan. 

Deretan negara Ini Ternyata Miliki Jumlah Janda Terbanyak di Dunia

Momen Setelah Peluncuran Roket India di Bulan

Photo :
  • Express

Perdana Menteri Narendra Modi menyaksikan pendaratan tersebut dari Afrika Selatan karena sedang menghadiri pertemuan puncak BRICS. Dia memuji peluncuran tersebut sebagai awal yang baru bagi negaranya. 

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Chandrayaan-3 sekarang dapat menjelaskan sisi bulan yang kurang dikenal, di mana NASA dan badan antariksa lainnya diyakini telah mendeteksi adanya air beku di tempat itu. 

Jika pesawat ruang angkasa, yang diluncurkan hampir enam minggu lalu dari Satish Dhawan Space Center di Sriharikota, dapat mengkonfirmasi laporan ini, maka hal tersebut akan memberikan wawasan yang luar biasa tentang gunung berapi di bulan, di masa lalu dan asal muasal lautan kita. 

Dengan menemukan air es, India akan memastikan sumber bahan bakar, oksigen, dan air minum baru. Pendaratan yang dilakukan India sangatlah sulit, terbukti dengan kegagalan bulan Rusia pada akhir pekan, ketika robot pendarat tak berawak Moskow menabrak satelit Bumi. 

Sejauh ini hanya AS, Tiongkok, dan Uni Soviet yang mampu mendarat di bulan, sedangkan India gagal dalam upaya serupa pada tahun 2019. Kemudian, pendarat dan penjelajah Chandrayaan-2 jatuh di dekat lokasi yang diusulkan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya