Serangan Paling Kuat Ukraina Buat Rusia Pakai Drone, Begini Situasi Mencekamnya

Bandara Rusia diserang drone
Sumber :
  • Al Jazeera

RusiaUkraina mulai menyerang bandara-bandara di Rusia. Rusia mengatakan bahwa Ukraina telah meluncurkan drone dengan sasaran enam wilayah Rusia, termasuk serangan terhadap bandara di kota barat Pskov, yang terletak dekat perbatasan Latvia dan Estonia, di mana pesawat angkut militer dilaporkan rusak akibat ledakan dan kebakaran besar itu.

329 Petugas PPIH Berangkat ke Arab Saudi, Bertugas di Daker Bandara dan Madinah

Ini bisa menjadi serangan drone terbesar di wilayah Rusia sejak invasi besar-besaran Moskow ke Ukraina tahun lalu, kata Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Rabu pagi, melansir Al Jazeera 30 Agustus 2023.

VIVA Militer: Drone militer Ukraina dihantam rudal Rusia

Photo :
  • wowktv.com
Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Ia menambahkan bahwa drone juga telah ditembak jatuh di wilayah Orlov, Bryansk, Ryazan, Kaluga, dan wilayah Moskow dan hampir mengelilingi ibu kota Rusia. 

Tak tinggal diam, Rusia juga melancarkan serangan rudal dan drone terhadap Kyiv pada Rabu pagi yang digambarkan sebagai serangan paling kuat” di ibu kota Ukraina dalam beberapa bulan terakhir, menyebabkan dua orang tewas dan satu luka-luka, tulis Wali Kota Vitali Klitschko di aplikasi pesan Telegram.

Bea Cukai Tanggapi Viral Penumpang Pilih Robek Tas Hermes Ketimbang Bayar Pajak Rp 26 Juta

Pertahanan udara Ukraina menghancurkan lebih dari 20 rudal dan drone yang terlibat dalam serangan itu dan dua penjaga keamanan tewas akibat jatuhnya puing-puing, menurut pihak berwenang.

“Kyiv belum pernah mengalami serangan sekuat itu sejak musim sem. Secara total, lebih dari 20 sasaran musuh dihancurkan oleh pasukan pertahanan udara,” tulis Administrasi Militer Kota Kyiv di Telegram. 

Kantor berita negara Rusia TASS, mengutip layanan darurat, mengatakan sebelumnya pada hari Rabu bahwa empat pesawat angkut berat Il-76, yang telah lama "bekerja keras" untuk militer Rusia, rusak di sebuah lapangan terbang di wilayah Pskov barat Rusia, yang terletak sekitar 660 km di utara perbatasan Ukraina.

“Kementerian pertahanan menangkis serangan pesawat tak berawak di bandara Pskov,” kata Gubernur wilayah tersebut Mikhail Vedernikov melalui aplikasi pesan Telegram, sambil mengunggah video kebakaran besar, dengan suara ledakan dan sirene sebagai latar belakangnya. 

Vedernikov, yang berada di lokasi penyerangan, mengatakan bahwa menurut informasi awal, tidak ada korban jiwa dan kini skala kerusakan bandara sedang dinilai, katanya.

Laporan di saluran Telegram mengatakan sistem anti-pesawat juga sedang beraksi di sekitar kota Rusia, yang terletak dekat dengan negara anggota Uni Eropa, Latvia dan Estonia. 

Bandara Vnukovo di Moskow juga ditutup sebentar pada Rabu pagi, lapor TASS, mengutip pejabat penerbangan Rusia.

Ibu kota Rusia, Moskow, dan wilayah regional di negara tersebut hampir setiap hari menjadi sasaran serangan drone Ukraina dalam beberapa pekan terakhir di tengah peringatan Kyiv bahwa perang terhadap Ukraina akan “kembali” ke Rusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya