Media Ini Klaim Indonesia Diam-diam Lakukan Pembicaraan Dengan Israel

VIVA Militer: Gelombang demonstrasi di Israel
Sumber :
  • timesofisrael.com

Tel Aviv – Meskipun fokus politik Israel ditujukan ke Arab Saudi, para pejabat Israel juga mengadakan pembicaraan rahasia dengan negara besar lainnya seperti Indonesia. Hal itu disampaikan dari sumber Ynet, yang mengetahui hal tersebut. 

9 Negara Ini Tolak Palestina Jadi Anggota PBB, Salah Satunya Tetangga RI

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), yang secara terbuka menyatakan sikap bermusuhan terhadap Israel selama masa jabatannya, akan mengundurkan diri setelah menjalani masa jabatan maksimal 10 tahun. 

Pemilu di Indonesia pada bulan Februari 2024 mendatang akan menjadi momen penting dalam menentukan apakah Jakarta akan memilih untuk menjalin hubungan resmi dengan Yerusalem. 

Lepas Keberangkatan Kloter 1 Jemaah Haji ke Tanah Suci, Menag Puji Layanan Fast Track

Demonstrasi di Jalanan Kota-Kota Israel

Photo :
  • Twitter

"Israel saat ini tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Indonesia, namun memelihara saluran komunikasi terpisah dengan pihak-pihak yang berkepentingan untuk meningkatkan hubungan kedua negara," kata media itu. 

Jemaah Haji Kloter 1 Dapat Fasilitas 'Fast Track', Dokumen Imigrasi Saudi Diperiksa di Soetta

"Mereka juga terlibat dalam kolaborasi perdagangan, pariwisata dan keamanan," lanjutnya. 

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) juga diam-diam melakukan advokasi di balik layar agar Indonesia menormalisasi hubungannya dengan Israel. Para pejabat Israel masih tidak tahu mengenai apakah Indonesia akan menormalisasi hubungan dengan Tel Aviv sebelum Arab Saudi, atau apakah Indonesia akan memilih untuk mengikuti jejak Riyadh. 

Meskipun ada yang berharap Indonesia akan mengambil tindakan yang hati-hati, ada pula yang meragukan kesiapan Indonesia untuk melakukan lompatan besar. Hal itu sejalan dengan larangan Indonesia baru-baru ini terhadap atlet Israel untuk memasuki negara tersebut. 

Hal ini juga menjadi langkah yang membuat Indonesia kehilangan kesempatan untuk menjadi tuan rumah beberapa turnamen internasional. Seorang pejabat Israel juga mengindikasikan bahwa Indonesia mewaspadai potensi protes dan demonstrasi ekstremis, sehingga kemungkinan besar negara tersebut akan mengikuti jejak Arab Saudi daripada bertindak secara sepihak. 

Pejabat tersebut menambahkan bahwa mengingat susunan pemerintahan Israel saat ini, membujuk Indonesia untuk menormalisasi hubungan dengan Israel akan menjadi upaya yang menantang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya