Hadir ke KTT Asean di Jakarta, Sosok Kamala Harris Jadi Sorotan

Wakil Presiden AS Kamala Harris
Sumber :
  • Instagram

VIVA Dunia – Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris saat ini tengah berada di Jakarta untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43. Harris tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa lalu pukul 22.00 WIB, terbang langsung dari AS.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Kehadiran Kamala tentu langsung menarik perhatian. Selain karena menggantikan tugas Presiden AS Joe Biden yang berhalangan hadir, penampilan serta sosoknya kerap menarik perhatian. Apalagi, Kamala Haris adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai Wakil Presiden AS.

Kamala Harris and President Joko Widodo

Photo :
  • Setkab.go.id
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Namun, siapa sebenarnya sosok Kamala Haris?

Kamala Harris mengukir sejarah sebagai wanita pertama dan wanita kulit berwarna pertama yang menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat. Namun, sebagai mantan jaksa agung California dan Senator AS, Harris telah mendobrak hambatan sepanjang kariernya.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Kamala Devi Harris lahir pada 20 Oktober 1964, di Oakland, CA. Ibunya, Shyamala, yang menjadi peneliti kanker payudara terkenal, beremigrasi dari India. Ayahnya, Donald, seorang profesor ekonomi di Universitas Stanford, datang ke AS dari Jamaika. Dapat dikatakan, kedua orang tuanya adalah imigran.

Ketika Harris berusia tujuh tahun, orang tuanya bercerai. Pada usia 12 tahun, dia, bersama ibu dan saudara perempuannya, Maya, pindah ke Montreal. Di sanalah Kamala dan saudara perempuannya, pertama kali bermain di dunia “politik”, dengan mengorganisir protes yang dilaporkan berhasil melawan pemilik gedung apartemen mereka, yang tidak mengizinkan anak-anak bermain di halaman gedung tersebut.

Sebagai siswa di Westmount High School, Harris bercita-cita menjadi seorang pengacara. Setelah lulus, dia kembali ke AS dan masuk Universitas Howard di Washington, D.C., di mana dia memperoleh gelar B.A. dalam ilmu politik dan ekonomi. Kemudian dia kembali ke negara bagian asalnya di California dan melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas California Hastings, di mana dia memperoleh gelar J.D. pada tahun 1989.

Presiden Indonesia Jokowi dan Wakil Presiden As Kamala Harris

Photo :
  • Instgram

Harris memulai karir hukumnya sebagai wakil jaksa wilayah di Alameda County, California, dengan fokus pada kejahatan seksual. Dari sana, ia menjadi pengacara pengelola Unit Kriminal Karir di San Francisco dan pada tahun 2000 menjadi kepala Divisi Komunitas dan Lingkungan San Francisco di kantor Kejaksaan, tempat ia mendirikan Biro Keadilan Anak yang pertama di negara bagian tersebut.

Pada bulan November 2010, Harris menjadi wanita pertama dan Jaksa Agung California Amerika berkulit hitam dan Asia Selatan pertama, mengalahkan Jaksa Wilayah Los Angeles County Steve Cooley dalam perlombaan. Ia segera mengambil tindakan dengan menarik diri dari negosiasi penyelesaian dengan lima lembaga keuangan terbesar di negara tersebut karena praktik hipotek yang tidak patut, namun akhirnya menerima pembayaran lima kali lipat dari jumlah yang diusulkan semula.

Harris mengumumkan bahwa dia akan mencalonkan diri sebagai presiden AS pada bulan Januari 2019.

Salah satu poin penting dari kampanyenya muncul pada debat pertama Partai Demokrat ketika Harris mengonfrontasi Joseph Biden atas penolakannya terhadap penggunaan bus lintas distrik pada tahun 1970an: Dia menyampaikan sebuah anekdot yang menggugah tentang peluang yang diberikan oleh, diakhiri dengan kalimat dramatis,

“Dan gadis kecil itu adalah aku.” Klip itu langsung menjadi sensasi viral dan begitu pula pencalonannya untuk sementara waktu.

Presiden Indonesia Jokowi dan Wakil Presiden As Kamala Harris

Photo :
  • Instagram

Namun, peningkatan jumlah jajak pendapat ini tidak bertahan lama. Harris menghentikan kampanyenya pada bulan Desember 2019 dan mendukung Biden pada bulan Maret 2020.

Biden pun mengumumkan Harris sebagai pasangannya pada bulan Agustus 2020, dengan mengatakan, “Dulu ketika Kamala menjadi jaksa agung, dia bekerja erat dengan (putra saya) Beau. Saya menyaksikan mereka mengambil alih bank-bank besar, mengangkat pekerja, dan melindungi perempuan dan anak-anak dari pelecehan. Saya bangga saat itu, dan sekarang saya bangga memiliki dia sebagai mitra saya dalam kampanye ini.”

Pada 7 November 2020, Biden dinyatakan sebagai Presiden Terpilih AS ke-46, menjadikan Harris wanita pertama, orang kulit hitam pertama, dan orang Amerika keturunan Asia pertama yang memegang posisi Wakil Presiden.

Dia dilantik pada 20 Januari 2021

KTT ASEAN ke 43 dihadiri oleh para pemimpin negara maupun delegasi sahabat ASEAN. Beberapa di antaranya, yakni China, Jepang, Korea Selatan, India, Inggris, Selandia Baru, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat. Tak hanya para pemimpin negara sahabat, para pemimpin lembaga multilateral seperti IMF dan Bank Dunia juga hadir di Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya