Hujan Badai Terjang China, 36.000 Warga Dievakuasi

Tim Penyelamat Evakuasi Korban Terdampak Banjir di China
Sumber :
  • Ran Mengjun/ AP Photo

Beijing – Lebih dari 36.000 orang di Fuzhou, ibu kota provinsi Fujian, China timur, dievakuasi ketika Topan Haikui membawa hujan badai yang lebat. Hal itu disampaikan oleh pihak berwenang, pada Rabu, 6 September 2023. 

BNPB: Hujan Ekstrem Diprediksi Terjadi hingga 20 Mei, Warga Sumbar Harus Waspada

Hingga pukul 07.00 pagi, hujan deras telah menyebabkan kerusakan pada 147 rumah di kota tersebut, dan menyebabkan kerugian ekonomi langsung sebesar lebih dari US$76,7 juta atau setara dengan Rp1,1 triliun, menurut markas besar pengendalian banjir dan bantuan kekeringan di kota tersebut. 

Beberapa wilayah kota mengalami hujan badai mulai pukul 21.00 pada hari Selasa, 5 September 2023, dengan curah hujan kumulatif dari pukul 21.00-05.00 pagi pada hari Rabu. 

Korban Jiwa Banjir Bandang Sumbar Bertambah Jadi 44 Orang

Banjir dan hujan lebat mengguyur sejumlah daerah di Provinsi Jiangxi, China timur.

Photo :
  • ANTARA/Xinhua.

Dilansir dari The Sundaily, Kamis, 7 September 2023, curah hujan ini juga memecahkan rekor curah hujan maksimum selama tiga jam dan enam jam, menurut cuaca nasional Wushan.

Kendaraan Banyak Mogok Gara-gara Hujan di Tangerang

Sekolah dasar, sekolah menengah, taman kanak-kanak, dan lembaga pelatihan ekstrakurikuler juga ditangguhkan pada hari Rabu. 

Bus, kereta bawah tanah, kereta api, dan bus antar-jemput bandara untuk sementara menghentikan operasinya. Resor dan taman ditutup sementara. 

Provinsi Fujian menaikkan tanggap darurat terhadap hujan lebat ke Tingkat II pada pukul 23.00 malam pada hari Selasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya