Jokowi Sebut Australia Mitra Strategis Penghubung Kawasan Pasifik

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese pada KTT ke-3 ASEAN-Australia di Jakarta, Kamis (7/9/2023).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023.

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin KTT ASEAN-Australia di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Kamis, 7 September 2023. Menurut dia, Australia bagi ASEAN bukan hanya sekedar tetangga, melainkan mitra komprehensif strategis sekaligus penghubung dengan kawasan Pasifik. 

Gowes Sepeda Kayu di Bundaran HI, Jokowi Jadi Buruan Swafoto Pengunjung CFD

“Di sisi lain, ASEAN juga merupakan mitra dagang penting Australia dengan nilai perdagangan lebih tinggi dibanding dengan AS dan Jepang. Sehingga, apapun yang terjadi di Indo-Pasifik akan berdampak besar bagi Australia maupun ASEAN,” kata Jokowi.

Oleh karena itu, kata Jokowi, ASEAN dan Australia sama-sama memiliki kepentingan, tanggung jawab untuk menjaga Indo Pasifik tetap damai, stabil dan menjadikannya episentrum pertumbuhan ekonomi. 

Jokowi: Indonesia Bisa Produksi 1,6 Juta Motor Listrik, tapi Baru 100 Ribu Unit

Plenary Session KTT ASEAN ke-43

Photo :
  • gallery.asean

“ASEAN sangat menghargai dukungan Australia terhadap ASEAN Outlook on the Indo Pacific, serta partisipasi aktif Australia dalam ASEAN Indo Pacific Forum, terutama peran aktif Perdana Menteri Anthony Albanese,” jelas dia.

Produk Baja Lapis RI Siap Ekspansi ke Pasar Konstruksi Australia

Di samping itu, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Perdana Menteri Albanese. Dengan prinsip inklusif, kata dia, maka tahun ini ASEAN akan menjalin kerja sama dengan Indian Ocean Rim Association dan Pacific Island Forum. 

“ASEAN juga berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan Australia,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya