Serangan Balasan, Rusia Serang Pasar Ukraina dan Tewaskan 17 Orang

VIVA Militer: Rudal jelajah 3M-54 Kalibr militer Rusia
Sumber :
  • ria.ru

Kiev – Sebuah rudal Rusia menghantam sebuah pasar di wilayah Donetsk, Ukraina timur. Serangan itu menyebabkan setidaknya 17 orang tewas, termasuk seorang anak. Ini merupakan salah satu serangan terburuk dalam beberapa bulan terakhir. 

Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

Para pejabat Ukraina mengatakan 32 orang lainnya terluka dalam serangan di Kostiantynivka. 

"Pasukan Rusia adalah teroris yang tidak akan dimaafkan, dan tidak akan dibiarkan dalam damai,” tulis Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal, di Telegram.  

Video Jet Tempur Ukraina Dikejar Rudal Nuklir Rusia, Bak Film Top Gun

VIVA Militer: Ledakan akibat serangan drone Ukraina

Photo :
  • ndtv.com

“Akan ada balasan yang adil untuk semuanya," lanjutnya, dikutip dari CNN Internasional, Kamis, 7 September 2023. 

Tegas! Putin Langsung Pecat Wakil Menteri Pertahanan yang Terjerat Kasus Korupsi

Serangan rudal Rusia sering menghantam wilayah sipil, namun jumlah korban jiwa sebesar ini jarang terjadi. 

Sebelumnya, pada April lalu, serangan terhadap sebuah blok apartemen di pusat kota Uman menewaskan 23 orang, termasuk anak-anak. Serangan serupa juga terjadi di Dnipro menewaskan 40 orang pada bulan Januari. 

Kostiantynivka dekat dengan garis depan di sekitar Bakhmut, dan sering dipadati personel militer. Namun, menurut rekaman serangan yang dibagikan oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menunjukkan warga sipil berjalan di sepanjang jalan pasar sebelum rudal menyerang pada Rabu sore, 6 September 2023. 

Sebuah video menunjukkan ledakan besar di tengah jalan raya dan menghancurkan kaca bangunan di dekatnya saat pejalan kaki melarikan diri. Rekaman yang dibagikan Zelensky kemudian menunjukkan kebakaran hebat dan kepulan asap hitam tebal mengepul dari mobil dan bangunan yang terbakar, saat petugas pemadam kebakaran merespons di lokasi kejadian. 

Gambar selanjutnya dari Kostiantynivka menunjukkan dampak ledakan seperti darah berceceran di lantai apotek, mobil terbakar, bangunan hancur, dan mayat yang dibawa oleh layanan darurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya