Kontroversi Peta Baru China, Prabowo: Kita Tidak Mau Terlibat

Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

Jakarta – Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, angkat suara terkait peta baru China, yang dianggap kontroversi. Menhan RI itu menegaskan posisi Indonesia untuk tetap bebas aktif.

Knowing the World's Largest Lift: Can Accommodate 235 People Per Trip

"Ya Indonesia sudah jelas, sikap kita, posisi kita kan selalu bebas aktif non-blok. Kita tidak mau terlibat dalam manapun," kata Prabowo pada wartawan saat berada di Media Center, JCC, Senayan, Kamis, 7 September 2023.

Dia juga menegaskan bahwa Indonesia menghormati semua negara, dan tidak memiliki ketegangan dengan negara manapun.

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

Peta baru China 2023, caplok wilayah India, Taiwan hingga Laut China Selatan

Photo :
  • Global Times

"Kita sahabat sama semua negara, kita hormati semua negara, kita hormati Amerika Serikat, kita hormati Tiongkok, kita hormati Rusia, kita hormati India, Jepang, dan semua negara," lanjutnya.

Ekonom Sebut Omnibus Law Jadi PR Prabowo-Gibran

Sebagai informasi, Peta baru itu dirilis oleh Kementerian Sumber Daya Alam China, pada hari Senin, 28 Agustus 2023. India juga sering bereaksi dengan marah terhadap upaya Tiongkok untuk mengklaim wilayahnya. 

Sumber ketegangan antara kedua negara bertetangga ini adalah sengketa perbatasan de facto sepanjang 3.440 km (2.100 mil) di sepanjang Himalaya, yang disebut Garis Kontrol Aktual, atau LAC yang tidak memiliki batas yang jelas.

Selain itu, kedua belah pihak saling berhadapan di banyak titik, yang dapat memicu ketegangan. Terakhir kali terjadi pada bulan Desember ketika pasukan India dan Tiongkok bentrok di sepanjang perbatasan di kota Tawang. 

Tiongkok mengatakan mereka menganggap seluruh Arunachal Pradesh sebagai wilayahnya dan menyebutnya sebagai “Tibet Selatan”. Ini merupakan sebuah klaim yang ditolak keras oleh India. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya