Korban Gempa Tewas Maroko Capai 2.100 Orang, Raja Nyatakan 3 Hari Berkabung Nasional

Keluarga korban gempa Maroko tidur di luar rumahnya yang runtuh.
Sumber :
  • AP Photo/Mosa'ab Elshamy

Maroko – Raja Maroko, Mohammed VI, pada menyatakan tiga hari berkabung nasional sebagai penghormatan kepada korban gempa yang terjadi pada Jumat. Melalui pernyataan Istana Kerajaan yang disiarkan kantor berita resmi Maghreb Arabe Press, bendera dikibarkan setengah tiang di seluruh bangunan umum selama masa berkabung berlangsung.

Gempa M 5,4 Guncang Kepulauan Seribu, Tak Berpotensi Tsunami

Kerajaan Maroko juga memerintahkan pembentukan komite menteri untuk menyusun rencana rekonstruksi bagi rumah-rumah yang hancur.

Dilansir AP, Senin 11 September 2023, dilaporkan setidaknya 2.100 orang tewas akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,8 pada Jumat malam. PBB memperkirakan 300 ribu orang terdampak akibat gempa.

BMKG Ungkap Penyebab Gempa M 5,2 di Selat Lombok

Gempa Maroko.

Photo :
  • Fernando Sanchez/Europa Press via AP.

Jumlah korban diperkirakan akan bertambah karena tim penyelamat berjuang untuk mencapai daerah-daerah terpencil yang terkena dampak paling parah.

Gempa Lombok, Dirasakan hingga Bali

Korban jiwa akibat gempa terdapat di sejumlah wilayah, termasuk Al Houz dan provinsi Marrakesh, serta kota Ouarzazate, Azilal, Chichaoua dan Taroudant, kata Kementerian Dalam Negeri dalam sebuah pernyataan.

Ribuan warga terpaksa tidur di jalan di Marrakech. Sementara para tentara dan tim bantuan internasional berusaha menyelamatkan korban gempa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya