China Kembali Kepung Taiwan dengan 28 Pesawat Tempur

VIVA Militer Pesawat pembom Xian H-6 dan jet tempur Sukhoi Su-30 militer China
Sumber :
  • japantimes.co.jp

Taipei – China kembali menerbangkan 28 pesawat tempurnya di sekitar Taiwan, pada Minggu, 17 September 2023, dengan sebagian besar melintasi garis tengah Selat Taiwan untuk misi jarak jauh.

Sabet Medali Perak, Prestasi Membanggakan Tim Uber Cup Indonesia

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan 20 pesawat yang terdeteksi sejak Minggu pagi melintasi garis median jalur air yang memisahkan Taiwan dan daratan Tiongkok, dan memasuki zona identifikasi pertahanan udara tenggara dan barat daya pulau itu.

"Tiongkok sedang melakukan misi seperti latihan dan pelatihan jarak jauh”, kata kementerian pertahanan Taiwan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Sundaily, Senin, 18 September 2023.

Susunan Pemain Indonesia Vs China di Final Thomas Cup 2024

VIVA Militer: Jet tempur Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China

Photo :
  • insider.com

Mereka juga menambahkan bahwa pihaknya memantau situasi dengan pesawat dan kapal patroli.

Indonesia Gagal Juara Uber Cup Usai Ditumbangkan China 0-3

Sementara itu, Beijing mengklaim Taiwan sebagai bagian negaranya, dan akan merebutnya suatu hari nanti, dengan kekerasan jika perlu. Mereka telah meningkatkan tekanan militer dan diplomatik terhadap pulau tersebut dalam beberapa tahun terakhir seiring memburuknya hubungan kedua negara.

Pekan lalu, Taipei juga melaporkan peningkatan jumlah serangan pesawat tempur dan kapal Tiongkok, setelah Beijing mengatakan pasukannya dalam siaga tinggi, menyusul dua kapal milik Amerika Serikat dan Kanada yang transit melalui Selat Taiwan bulan ini.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan 68 pesawat Tiongkok, dan 10 kapal angkatan laut terdeteksi di sekitar pulau antara Rabu pagi dan Kamis pagi. Beberapa dari pesawat dan kapal perang tersebut sedang menuju ke wilayah yang tidak ditentukan di Pasifik Barat untuk melakukan pelatihan laut dan udara bersama, dengan kapal induk Shandong Tiongkok.

"Shandong, salah satu dari dua kapal induk yang beroperasi di armada Tiongkok, terdeteksi pada pekan lalu, sekitar 60 mil laut (110 kilometer) tenggara Taiwan menuju ke Pasifik Barat," kata pihak berwenang Taipei.

Kemudian, pada bulan April, Beijing melakukan latihan militer untuk mensimulasikan pengepungan pulau tersebut, setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California.

Pada saat itu, Taiwan mendeteksi 71 pesawat tempur Tiongkok dalam periode 24 jam. Ini merupakan rekor tertinggi pesawat Beijing yang berada di wilayan Taiwan pada Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya