Kisah Veteran Ukraina yang Buta Akibat Diserang Rusia Kini Gelar Pernikahan

Tidak Bisa Melihat, Veteran Ukraina Alami Kebutaan
Sumber :
  • AP Photo

Kiev – Kisah mengharukan datang dari veteran Ukraina, Ivan Soroka, yang melangsungkan pernikahannya, pada Kamis, 14 September 2023. Soroka, diketahui mengalami kebutaan karena diserang oleh tentara Rusia.

Heboh Netizen Bongkar Keburukan Muhammad Fardhana, Kiky Saputri Sampai Ikut Turun Tangan

Di hari bahagianya, veteran Ukraina itu tidak dapat melihat pengantinnya, bahkan ketika sang mempelai perempuan masuk ke rumah keluarganya dengan gaun putih tanpa bahu, dan sebuket bunga putih di tangan kanannya.

Meski demikian, ketika Vladislava Ryabets, melangkah ke arahnya, Soroka menangis haru melihat babak baru kehidupannya, yang dimulai beberapa bulan setelah artileri musuh mengenai tubuhnya.

Datang ke Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Verrell Bramasta Didoakan Cepet Nyusul

Acara Pernikahan Sederha Veteran Ukraina

Photo :
  • AP Photo

“Hal pertama yang saya katakan setelah saya terluka adalah, siapa yang menginginkan saya sekarang?," kata Soroka, dikutip dari AP, Jumat, 15 September 2023.

Potret Cantiknya Mahalini di Momen Akad Nikah, Pakai Siger Sunda

“Saya berhasil membangun kembali diri saya sendiri, saya melihat dengan perasaan saya, dengan emosi saya.”

Puluhan orang terlihat duduk mengelilingi meja taman di desa Bortnychi, di bawah tenda yang dihiasi balon dan karangan bunga selama hari penikahan, yang kental dengan tradisi pedesaan Ukraina.

Tidak Bisa Melihat, Veteran Ukraina Alami Kebutaan

Photo :
  • AP Photo

Lagu-lagu rakyat dan tawa memenuhi udara ketika para tetangga dan teman-teman kedua mempelai berdatangan ke rumah pastoral yang sederhana, meneguk minuman dan bersulang untuk pengantin baru. 

Sebuah roti bundar yang dihias dengan buah viburnum, yang merupakan simbol kesuburan dalam tradisi lokal juga tergeletak di atas meja.

Di balik keriangan dan kegembiraan tersebut, terdapat kesedihan yang tersembunyi mengenai negara itu yang masih terjebak dalam perang sengit dengan Rusia.

Sebagai informasi, Soroka kehilangan penglihatannya dalam pertempuran.

“Saya merasa kasihan pada cucu saya, dia tidak melihat apa yang ada di sekitar, keindahannya,” seru Nataliia, nenek Soroka yang berusia 86 tahun.

"Syukurlah dia memiliki wanita emas ini dalam hidupnya,” ucapnya.

Soroka dan Ryabets bertemu secara online pada 6 April 2022, kurang dari tiga bulan setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina.

Saat itu, Soroka sedang dalam masa pemulihan dari pneumonia saat bertugas di rumah sakit militer. Dia kemudian masuk ke aplikasi kencan dan melihat foto profil Ryabets.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya