AS Sita Jutaan Amunisi Iran dan Berikan ke Ukraina

VIVA Militer: Rudal Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran (Artes)
Sumber :
  • jns.org

Washington – Amerika Serikat (AS) akan memberikan Ukraina ribuan senjata dan jutaan amunisi Iran yang disita. Langkah ini dinilai dapat membantu meringankan beberapa kekurangan yang dihadapi militer Ukraina saat mereka menunggu lebih banyak peralatan dari Amerika dan sekutunya.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Komando Pusat AS telah mentransfer lebih dari satu juta butir amunisi Iran ke angkatan bersenjata Ukraina, pada Rabu, 4 Oktober 2023.

"Pemerintah memperoleh kepemilikan amunisi ini pada 20 Juli 2023, melalui klaim penyitaan sipil Departemen Kehakiman terhadap Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran,” kata pernyataan itu, dikutip dari CNN Internasional, Jumat, 6 Oktober 2023.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

VIVA Militer: Tentara bayaran Rusia dari Wagner Group dalam perang di Ukraina

Photo :
  • middleeasteye.net

Larangan senjata ilegal itu membatasi periode dua bulan di mana AS dan mitranya menyita total 5.000 senjata dan 1,6 juta butir amunisi, menurut Komando Pusat.

AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit

Pejabat Departemen Kehakiman dan pertahanan telah bekerja sama untuk menemukan jalur hukum untuk mengirim senjata ke Ukraina, dan salah satu caranya adalah melalui otoritas penyitaan sipil di AS.

Departemen Kehakiman telah mengajukan setidaknya dua tuntutan penyitaan terhadap amunisi dan senjata Iran yang disita tahun ini.

Terlepas dari pengumuman pada Maret lalu, DOJ mengumumkan pada bulan Juli bahwa mereka sedang mencari lebih dari 9,000 senapan, 284 senapan mesin, 194 peluncur roket, lebih dari 70 peluru kendali anti-tank, dan lebih dari 700,000 butir amunisi yang disita dari Iran oleh Angkatan Laut AS.

“Pada akhirnya, Ukraina membutuhkan berbagai pasokan untuk upaya perang, dan meskipun ini bukan solusi untuk seluruh kebutuhan militer Ukraina, hal ini akan memberikan dukungan yang sangat penting,” kata Jonathan Lord, peneliti senior dan direktur The  Program keamanan Timur Tengah di Pusat Keamanan Amerika Baru.

VIVA Militer: Rudal balistik Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran

Photo :
  • jpost.com

Lord menambahkan bahwa langkah tersebut juga dapat berdampak pada hubungan Iran dengan Rusia.

“Selama lebih dari setahun, UAV Iran di tangan militer Rusia telah digunakan untuk menyerang dan membunuh warga sipil Ukraina,” ujar Lord.

"Ada keadilandi Ukraina yang memanfaatkan senjata-senjata Iran yang disita untuk membela rakyatnya dari invasi dan pelanggaran kriminal Rusia.  Selain itu, kebijakan ini mungkin memberikan tekanan yang lebih besar pada hubungan yang sedang berkembang antara Moskow dan Teheran.”

Keputusan tersebut dapat menimbulkan perselisihan antara Iran dan Rusia, yang telah membentuk kemitraan pertahanan de facto selama beberapa bulan terakhir.

Iran juga diketahui telah memasok Rusia dengan drone untuk perangnya di Ukraina, mereka juga bekerja sama dalam produksi rudal dan pertahanan udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya