Bersiap Lancarkan Serangan Darat, Israel Panggil 300 Ribu Tentara Cadangan

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)
Sumber :
  • timesofisrael.com

Gaza – Israel telah memanggil sekitar 300 ribu tentara cadangan dan memperingatkan penduduk Jalur Gaza untuk keluar dari wilayah itu. Langkah-langkah itu dinilai sebagai tanda bahwa Israel kemungkinan akan melakukan serangan darat untuk mengalahkan Hamas.

Para milisi Hamas masih bersembunyi di wilayah Israel, dua hari setelah mereka menyusup dari Gaza dalam serangan mengejutkan yang menewaskan sekitar 700 warga Israel dan menyandera puluhan lainnya. Di Gaza, Israel terus melakukan serangan balasan, yang telah menewaskan sekitar 500 warga Palestina di wilayah yang dikuasai Hamas itu sejak Sabtu 7 Oktober 2023. 

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, Senin 9 Oktober 2023, mengatakan blokade Israel akan diperketat untuk mencegah makanan dan BBM masuk ke wilayah berpenduduk 2,3 juta jiwa tersebut.

Serbu dan Lumpuhkan OPM, Pasukan Operasi Khusus TNI Kuasai Total Homeyo

Serangan roket Israel di Gaza.

Photo :
  • AP Photo/Hatem Moussa.

Kepala juru bicara militer Israel mengeklaim mereka berhasil menguasai lagi permukiman-permukiman yang sebelumnya diduduki Hamas, tetapi pertempuran sporadis masih berlangsung. "Sekarang kami sedang merazia semua permukiman dan membersihkannya," kata sang jubir, Laksamana Muda Daniel Hagari.

Juru bicara lainnya, Letkol Richard Hecht, sebelumnya mengakui bahwa "perlu waktu lebih lama dari perkiraan" untuk menormalkan keamanan dan pertahanan. Pemanggilan 300 ribu tentara cadangan dalam waktu dua hari memicu spekulasi bahwa Israel mungkin berencana melakukan serangan darat ke Gaza, wilayah yang mereka biarkan selama hampir 20 tahun.

"Kami belum pernah memanggil tentara cadangan sebanyak ini sebelumnya. Kami akan melakukan serangan," kata Hagari.

Ebrahim Raisi, Almarhum Presiden Iran yang Ancam Lenyapkan Israel dari Peta Dunia

Arsip - Dalam foto yang diambil pada 11 Mei 2021 ini, terlihat asap hitam mengepul ke langit akibat ledakan yang disebabkan serentetan serangan israel di Kota Younis di Jalur Gaza bagian selatan.

Photo :
  • ANTARA/Yasser Qudih


Warga Palestina telah diperingatkan oleh aparat keamanan Israel untuk meninggalkan Gaza karena tentara akan melakukan operasi militer di sana.

Israel Bantah Terlibat Dalam Insiden Jatuhnya Helikopter Presiden Iran

Sementara itu, Hamas mengatakan bahwa serangannya didasarkan atas penderitaan penduduk Gaza akibat blokade Israel selama 16 tahun. Kelompok bersenjata itu juga menyebut tindakan keras dan mematikan Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat selama bertahun-tahun sebagai alasan mereka menyerang. (Ant/Antara)

VIVA Militer: Dankormar Mayjen TNI Endi Supardi menunjukkan foto korban

Pihak Keluarga Anggap Kematian Lettu Eko di Papua Tak Wajar, Dankormar Angkat Bicara

Lettu Laut (K) Eko Damara prajurit Satgas Pamtas Mobile RI-PNG Yonif 7 Marinir meninggal dunia karena bunuh diri

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024