Tak Didukung, Rusia Tidak Masuk ke Dewan Hak Asasi Manusia PBB

Dewan HAM PBB
Sumber :
  • United Nations

VIVA Dunia – Rusia dikabarkan telah kalah dalam upayanya untuk mendapatkan kembali kursi di Human Rights Watch atau Badan Hak Asasi Manusia tertinggi PBB oleh mayoritas signifikan di majelis umum, yang tahun lalu memutuskan untuk menangguhkan Rusia setelah invasi mereka ke Ukraina. 

Ancam Prancis, Rudal Nuklir Rusia Mampu Hancurkan Kotanya dalam 3 Menit

Rusia bersaing dengan Albania dan Bulgaria untuk mendapatkan dua kursi di dewan hak asasi manusia yang berbasis di Jenewa, yang mewakili kelompok regional Eropa Timur. 

Dalam pemungutan suara rahasia, Bulgaria memperoleh 160 suara, Albania 123, dan Rusia hanya 83.

Gagal Kabur, Komandan Brigade Tempur Ukraina Diringkus Pasukan Rusia

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • aljazeera.com

Rusia mengklaim bahwa mereka mendapat dukungan dari mayoritas yang diam, dan meskipun 83 suara mewakili kurang dari separuh 193 negara anggota PBB, ada kekhawatiran, terutama dari Ukraina dan sekutu baratnya, bahwa dukungan Moskow begitu tinggi. 

PBB Sebut Tak Ada Tindakan Apapun dari Israel untuk Lindungi Anak-anak di Gaza

Satu-satunya persaingan kompetitif lainnya terjadi di grup Amerika Latin dan Karibia di mana Kuba, Brasil, dan Republik Dominika mengalahkan Peru untuk memperebutkan tiga kursi. 

Human Rights Watch yang berbasis di New York mengatakan Kuba tidak pantas mendapat tempat di dewan tersebut karena pelanggaran hak sistematis termasuk pelecehan, penahanan sewenang-wenang dan penyiksaan terhadap para pembangkang, namun Kuba mendapat jumlah suara tertinggi di antara empat negara, yaitu 146. 

Persaingan lain yang diawasi ketat adalah di grup Asia di mana empat negara, Tiongkok, Jepang, Kuwait dan Indonesia, menjadi kandidat untuk empat kursi. Beberapa kelompok hak asasi manusia juga berkampanye menentang Beijing dan besarnya hasil pemungutan suara diawasi dengan ketat. 

Indonesia menduduki peringkat teratas dengan 186 suara, diikuti oleh Kuwait dengan 183 suara, dan Jepang dengan 175 suara. China berada di posisi terakhir namun masih memperoleh 164 suara. 

Human Rights Watch mengatakan pekan lalu bahwa catatan China seharusnya mendiskualifikasi mereka dari dewan hak asasi manusia. Hal ini mengacu pada laporan tahun lalu oleh kantor komisaris hak asasi manusia PBB yang mengatakan bahwa penahanan diskriminatif yang dilakukan China terhadap warga Uighur dan kelompok etnis mayoritas Muslim lainnya di wilayah barat Xinjiang mungkin merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan. 

Dua balapan regional lainnya juga tidak kompetitif. Untuk empat kursi di Afrika, Malawi mendapat 182 suara, disusul Pantai Gading dengan 181 suara, dan Ghana dengan 179 suara. Burundi, yang catatan hak asasi manusianya juga dikritik keras oleh Human Rights Watch, berada di urutan terakhir dengan 168 suara.

Dua kursi di wilayah barat juga tidak terbantahkan, dan Belanda mengalahkan Prancis dengan 169 suara berbanding 153 suara. 

Namun sorotan dalam pemilihan kali ini tertuju pada Rusia dan kampanyenya untuk kembali ke dewan hak asasi manusia. 

Duta Besar Moskow untuk PBB, Vassily Nebenzia, menuduh AS memimpin kampanye untuk mencegah kembalinya Rusia ke dewan.

VIVA Militer: Tentara bayaran PMC Wagner Group Rusia

Photo :
  • newarab.com

“Fobia utama rekan-rekan Amerika kita saat ini adalah terpilihnya Rusia menjadi anggota dewan hak asasi manusia,” kata Nebenzia pada pertemuan dewan keamanan.

Seperti diketahui, Rusia menjadi sorotan dunia saat invasi besar-besaran mereka ke Ukraina. Pada bulan April 2022, kurang dari dua bulan setelah invasi Rusia ke Ukraina, majelis umum memberikan suara 93-24 dengan 58 abstain mengenai resolusi yang diprakarsai AS untuk menangguhkan Rusia dari dewan hak asasi manusia atas tuduhan bahwa tentaranya di Ukraina terlibat dalam pelanggaran yang melanggar hak asasi manusia. 

AS dan Ukraina menyebutnya sebagai kejahatan perang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya