Mahasiswa AS Dicekal Kampus karena Dukung Palestina, Ini Dampaknya

Diserang Israel, Warga Dunia Serukan Bebaskan Palestina
Sumber :
  • (Darryl Dyck/The Canadian Press via AP)

VIVA Dunia – Mahasiswa Universitas Harvard dan lebih dari 30 organisasi yang menandatangani pernyataan yang menganggap Israel “sepenuhnya bertanggung jawab atas semua kekerasan yang terjadi” di Israel dan Palestina, kini tengah menghadapi kritik keras. 

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Pada tanggal 8 Oktober 2023, Komite Solidaritas Palestina Sarjana Harvard dan Mahasiswa Pascasarjana Harvard untuk Palestina menerbitkan sebuah pernyataan yang menekankan peran “pendudukan kolonial Israel dalam menciptakan kondisi kekerasan ini”. 

Mereka menulis, “Kami menganggap rezim Israel sepenuhnya bertanggung jawab atas semua kekerasan yang terjadi. Peristiwa hari ini tidak terjadi dalam ruang hampa. Selama dua dekade terakhir, jutaan warga Palestina di Gaza terpaksa tinggal di penjara terbuka,” tulis pernyataan, melansir Middle East Eye, Jumat, 12 Oktober 2023.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Harvard University

Photo :

“Warga Palestina di Gaza tidak punya tempat berlindung dan tidak punya tempat untuk melarikan diri. Dalam beberapa hari mendatang, warga Palestina akan terpaksa menanggung beban terbesar dari kekerasan Israel.”

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Mereka meminta komunitas Harvard untuk mengambil tindakan untuk “menghentikan pemusnahan warga Palestina yang sedang berlangsung”.

Pernyataan tersebut awalnya mencakup daftar 30 organisasi di Harvard yang telah menandatangani, namun nama-nama tersebut kemudian dihapus untuk melindungi keselamatan para mahasiswa. 

Pada hari Rabu, manajer hedge fund miliarder Bill Ackman meminta Harvard untuk merilis nama-nama mahasiswa yang menandatangani pernyataan tersebut sehingga dia dan CEO lainnya tidak “secara tidak sengaja mempekerjakan salah satu anggota mereka”,

Dia mengatakan bahwa dia 100 persen mendukung kebebasan berpendapat, namun dia keberatan dengan “para pelajar yang mengeluarkan pernyataan yang menganggap Israel ‘sepenuhnya bertanggung jawab’ atas tindakan teroris yang keji dan tercela, namun melakukannya secara anonim di balik tabir perusahaan sambil memanfaatkan nama Harvard”.

Ackman menekankan bahwa masyarakat harus siap mempertahankan keyakinannya dan mengambil tanggung jawab terhadapnya. Dia mengatakan meskipun tidak ada salahnya mengkritik Israel, para mahasiswa tidak boleh bersembunyi di balik “nama Harvard sambil melakukannya secara anonim”. 

Pada tanggal 10 Oktober, presiden Harvard Claudine Gay mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa dia mengutuk kekejaman teroris yang dilakukan oleh Hamas.

"Izinkan saya juga menyatakan, dalam hal ini dan juga masalah lainnya, bahwa meskipun mahasiswa kita mempunyai hak untuk berbicara sendiri, tidak ada kelompok mahasiswa, bahkan 30 kelompok mahasiswa, yang berbicara mewakili Universitas Harvard atau kepemimpinannya.” 

Mahasiswa di kampus-kampus di AS juga telah menyuarakan dukungannya terhadap Palestina. 

Pada hari Selasa, tawaran pekerjaan seorang mahasiswa Fakultas Hukum NYU di sebuah firma hukum internasional dibatalkan setelah mereka menerbitkan pesan pro-Palestina di buletin Student Bar Association. 

Di Universitas Columbia, Mahasiswa Keadilan Columbia di Palestina berpendapat bahwa kesalahan atas konflik dan korban jiwa yang diakibatkannya sepenuhnya terletak pada pemerintah Israel dan sekutu Barat mereka. 

VIVA Militer: Warga sipil Gaza, Palestina, pasca serangan udara militer Israel

Photo :
  • time.com

Pada hari Selasa, Mahasiswa Keadilan Palestina di Universitas Stanford juga menulis sebuah opini yang menegaskan hak hukum warga Palestina untuk menolak pendudukan.

Sejumlah organisasi pro-Palestina cabang California mendukung deklarasi yang menggambarkan serangan Hamas sebagai peristiwa penting dalam pembangkangan Palestina modern, Politico melaporkan. Kelompok Mahasiswa Keadilan Palestina di beberapa kampus City University of New York akan mengadakan aksi unjuk rasa untuk Palestina pada hari Kamis dan Jumat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya