Xi Jinping Janji Ciptakan Damai di Timur Tengah, Atasi Konflik Israel-Hamas

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping
Sumber :
  • japantimes.co.jp

Beijing – Presiden China, Xi Jinping mengatakan kepada perdana menteri Mesir, pada Kamis, 19 Oktober 2023, bahwa Beijing berharap dapat bekerja sama dengan negaranya untuk menciptakan stabilitas yang lebih baik di Timur Tengah, ketika konflik Israel-Hamas membayangi wilayah tersebut. 

Sabet Medali Perak, Prestasi Membanggakan Tim Uber Cup Indonesia

“Tiongkok bersedia meningkatkan kerja sama dengan Mesir dan memberikan lebih banyak kepastian dan stabilitas di kawasan dan dunia,” kata Xi kepada Mostafa Madbouli pada pertemuan di Beijing.

“Tiongkok dan Mesir adalah teman baik yang memiliki tujuan yang sama dan saling percaya, serta mitra baik yang bekerja bahu membahu demi pembangunan dan kesejahteraan bersama," sambungnya, dikutip dari The Sundaily, Jumat, 20 Oktober 2023. 

Susunan Pemain Indonesia Vs China di Final Thomas Cup 2024

VIVA Militer: Penduduk Gaza, Palestina

Photo :
  • mirror.co.uk

Saat ini, kata Xi, situasi internasional dan regional sedang mengalami perubahan besar dan kompleks, dan dunia sedang mengalami perubahan cepat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam satu abad. 

Indonesia Gagal Juara Uber Cup Usai Ditumbangkan China 0-3

Beijing juga bersedia bekerja sama dengan Kairo untuk bersama menjaga keadilan nasional dan keadilan internasional serta kepentingan bersama negara-negara berkembang," ucapnya. 

Sejak pecahnya permusuhan antara Israel dan Hamas bulan ini, Mesir terus menutup perbatasannya dengan Jalur Gaza, di mana situasi kemanusiaan menjadi semakin menyedihkan. 

Namun, Kairo mengatakan bahwa pihaknya akan mengizinkan aliran bantuan kemanusiaan yang berkelanjutan melalui penyeberangan Rafah. 

Presiden Jokowi hadiri KTT BRICS ke-15 di Johannesburg, Republik Afrika Selatan

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Sebagai informasi, hubungan Tiongkok dan Mesir telah menguat dalam beberapa bulan terakhir, dengan Kairo akan menjadi anggota resmi kelompok negara berkembang BRICS mulai tahun depan. 

“Tiongkok mengucapkan selamat kepada Mesir karena bergabung dengan mekanisme kerja sama BRICS dan yakin bahwa hal ini akan memberikan dorongan baru pada kerja sama BRICS,” pungkas Xi kepada Madbouli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya