Layanan Kesehatan Makin Memburuk, Listrik RS di Gaza Akan Padam Kurang dari 48 Jam

Petugas medis membawa korban serangan Israel ke sebuah rumah sakit di Gaza.
Sumber :
  • Anadolu.

Gaza – Kementerian Kesehatan di Gaza, pada Selasa pagi, 24 Oktober 2023, memperingatkan bahwa generator listrik di rumah sakit akan berhenti berfungsi dalam 48 jam ke depan karena kekurangan bahan bakar. 

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

“Kami memiliki waktu kurang dari 48 jam sebelum semua generator listrik di rumah sakit kehabisan bahan bakar,” kata juru bicara kementerian kesehatan, Ashraf Al-Qudra.

Dia menambahkan bahwa mekanisme yang digunakan untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza lambat dan tidak dapat mengubah kenyataan.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

VIVA Militer: Penduduk Gaza, Palestina

Photo :
  • mirror.co.uk

"Sistem layanan kesehatan telah mencapai tahap terburuk dalam sejarahnya," tambahnya, dikutip dari The Sundaily, Selasa 24 Oktober 2023. 

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Sebelumnya, pada hari Senin, 23 Oktober 2023, Otoritas Kesehatan Gaza mengatakan bahwa 32 pusat kesehatan tidak dapat beroperasi karena serangan pesawat tempur Israel dan kekurangan bahan bakar. 

Ia juga menegaskan bahwa kebutuhan mendesak rumah sakit harus diprioritaskan dalam hal distribusi bantuan, dan meminta PBB dan Komite Palang Merah Internasional untuk mendorong izin pasokan bahan bakar dan unit darah untuk mendukung sektor kesehatan di Jalur Gaza yang terkepung. 

Rumah Sakit Indonesia di Gaza Utara

Photo :
  • Mer-C

Rumah Sakit Indonesia di Gaza juga sempat ditutup karena fasilitas vitalnya terganggu akibat pemadaman listrik, menurut sumber medis. 

Video yang beredar online menunjukkan tim medis di rumah sakit menerima pasien yang dibawa oleh pekerja ambulans sambil menggunakan senter portabel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya