Tentara Korsel Terlibat Seks Sesama Jenis Dijatuhkan Hukuman 2 Tahun Penjara

Ilustrasi Pelaku LGBT
Sumber :
  • vstory

Seoul – Mahkamah Konstitusi Korea Selatan, pada Kamis lalu, 26 Oktober 2023, menguatkan hukum pidana militer yang melibatkan aktivitas seksual sesama jenis di antara tentara. Hukum juga tetap berlaku meskipun aktivitas seksual terjadi di luar militer dan bersifat suka sama suka. 

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Dilansir dari Korean Herald, Minggu, 29 Oktober 2023, MK Korsel menerapkan hukuman tersebut dengan alasan bahwa militer perlu menjaga disiplin dan kekuatan tempurnya. 

Di dalam putusan 5-4, Mahkamah Agung juga menguatkan konstitusionalitas Pasal 92-6 KUHP Militer, yang menyatakan bahwa seks anal dan tindakan tidak senonoh lainnya antar personel militer dapat diancam hukuman hingga dua tahun penjara. 

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

VIVA Militer: Latihan bersama Ulchi Freedom Shield (UFS) militer AS dan Korsel

Photo :
  • mole.my

Pengadilan beranggotakan sembilan orang dengan suara bulat menolak permintaan persidangan penggugat. 

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

“Bahkan jika itu adalah hubungan seks suka sama suka, jika itu terjadi di tempat kerja atau selama menjalankan tugas, hal itu menimbulkan risiko serius bagi pelestarian kemampuan militer tentara dan tugas suci keamanan dan pertahanan nasional,” kata pengadilan. 

“Jika hubungan seksual antara tentara sesama jenis tidak ditangani, hierarki atau struktur komando yang ketat di dalam militer dapat terancam,” tambah pengadilan. 

Puing-puing rudal Korut yang diamankan militer Korsel, mirip punya Rusia

Photo :
  • South Korean Defense Ministry via AP

Saat ini, KUHP militer, yang direvisi pada tahun 1962, melarang aktivitas seksual sesama jenis di kalangan personel militer, yang sebagian besar terdiri dari laki-laki. 

Meskipun komunitas LGBT dan interseks berulang kali berupaya untuk menghapuskan undang-undang tersebut, Mahkamah Konstitusi memutuskan klausul seks sesama jenis di dunia militer menjadi konstitusional pada tahun 2002, 2011, dan 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya