Jokowi Akan Bertemu Biden di Gedung Putih Pada 13 November Mendatang, Ini yang Akan Dibahas

Momen Kedekatan Jokowi dan Joe Biden di KTT G20
Sumber :
  • TikTok

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 13 November 2023 mendatang. Jokowi dan Biden akan melakukan pertemuan bilateral di Gedung Putih AS.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Dalam pertemuan tersebut, Keduanya akan membahas mengenai komitmen hubungan yang telah terjalin selama hampir 75 tahun.

"Dalam kunjungan tersebut, Presiden Biden akan menegaskan kembali komitmen AS untuk memperdalam kemitraan yang telah berusia hampir 75 tahun antara negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga di dunia," kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, dilansir situs White House, pada Rabu, 8 November 2023.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat bersama Presiden RI Jokowi di Bali

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Selain itu, Jokowi dan Biden juga akan membicarakan kerja sama terkait ekonomi, perdamaian, stabilitas regional, dan lainnya.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

"Para pemimpin akan menjajaki peluang untuk meningkatkan kerja sama dalam transisi energi ramah lingkungan, memajukan kesejahteraan ekonomi, memperkuat perdamaian dan stabilitas regional, serta memperkuat hubungan antar masyarakat," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi dan Presiden AS itu akan membahas penguatan sentralitas ASEAN dan mendorong Indo-Pasifik yang bebas terbuka.

"Kedua pemimpin juga akan berkoordinasi dalam upaya memperkuat sentralitas ASEAN dan menegakkan hukum internasional serta mendorong Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya