Catat! Ini Daftar Lengkap Produk Afiliasi Israel yang Diharamkan MUI

Poster Boikot Israel
Sumber :
  • The Guardian

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) baru saja mengeluarkan fatwa, bahwa membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel ke Palestina adalah haram hukumnya.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Ketua MUI bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh menegaskan bahwa fatwa tersebut merupakan bentuk komitmen dukungan kepada perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina dan juga perlawanan terhadap agresi Israel serta upaya genosida. 

"Mendukung pihak yang diketahui mendukung agresi Israel, baik langsung maupun tidak langsung, seperti dengan membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel hukumnya haram," jelas Niam saat menyampaikan hasil fatwa MUI, dilansir Sabtu, 11 November 2023. 

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Seruan Boikot Israel

Photo :
  • Al Jazeera

Untuk daftar lengkap, MUI memang tidak menyebutkan secara spesifik nama perusahaan.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Namun, Komite Nasional Boycott, Divestment and Sanctions atau DBS Palestina (BNC), yaitu gerakan yang dipimpin Palestina yang mempromosikan boikot, divestasi, dan sanksi ekonomi terhadap Israel, baru saja merilis daftar perusahaan yang berafiliasi Israel, agar menjadi patokan masyarakat di seluruh dunia. 

Berikut penjelasannya dan daftar lengkapnya: 

DBS telah membagi target ini menjadi empat bagian: 

1. Target Boikot Konsumen

Gerakan BDS menyerukan boikot total terhadap merek-merek yang dipilih dengan cermat karena rekam jejak perusahaan yang terbukti terlibat dalam apartheid Israel. 

2. Target Boikot Organik 

Gerakan BDS tidak memprakarsai kampanye boikot organik namun mendukung kampanye tersebut karena merek-merek tersebut secara terbuka mendukung genosida Israel terhadap warga Palestina.

3. Target Boikot Divestasi

Gerakan BDS menekan pemerintah, lembaga dan dana investasi untuk mengecualikan dan melakukan divestasi dari sebanyak mungkin perusahaan yang terlibat, terutama produsen senjata, bank, dan perusahaan yang terdaftar dalam database bisnis PBB yang terlibat dalam perusahaan pemukiman ilegal Israel, serta database WhoProfits dan AFSC Investigate dari perusahaan-perusahaan yang memungkinkan terjadinya pendudukan.

4. Target Boikot Tekanan 

Gerakan BDS secara aktif menyerukan kampanye tekanan terhadap merek dan layanan ini karena keterlibatan mereka dalam apartheid Israel. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya